Logo kotaperwira.com

Museum Tempat Lahir Soedirman di Purbalingga Akan Dilengkapi Bioskop

Purbalingga — Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, berencana menambah wahana bioskop mini di Museum Tempat Lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Bioskop yang akan memutar film-film perjuangan tersebut diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan mengunjungi museum yang semakin sepi tersebut.

Pengelola Museum Budaya Prof Dr Soegarda, Adi Purwanto, Kamis (10/11/2011), mengatakan, pengembangan wahana bioskop mini saat ini sedang dalam tahap pengumpulan materi film. “Kami akan upayakan membuat museum itu menjadi lebih menarik dengan menjadikannya semacam wahana wisata edukatif bagi pelajar dan mahasiswa,” terangnya.

Monumen Tempat Lahir Jendral Soedirman

Monumen Tempat Lahir Panglima Besar Jendral Soedirman di Purbalingga

Hal itu dikatakan Adi menanggapi semakin sepinya kunjungan di Museum Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman yang terletak sekitar 25 kilometer arah timur Kota Purbalingga tersebut. Bahkan, pantauan Kompas, kondisi museum sedikit kusam dan tak terawat.

Adi mengakui, anggaran pemeliharaan museum sangat kecil, hanya Rp 10 juta per tahun. Pihak Pemkab Purbalingga menjadikan MTL Soedirman sebagai prioritas ketiga pengembangan wisata setelah wisata air Owabong dan Sanggaluri Park.

Terkait pengembangan bioskop mini tersebut, menurut Adi, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pusat Arsip Nasional untuk meminjam sejumlah film-film bertemakan perjuangan, termasuk jenis dokumenter.

Selain itu, pihaknya juga sedang berupaya meminjam film dokumenter riwayat hidup Pak Dirman yang pernah dibuat oleh pihak keluarga besarnya di Yogyakarta.

“Kami targetkan pada 2012, bioskop mini itu sudah bisa terwujud,” ujarnya. MTL Soedirman diresmikan pada 1976. Pengunjungnya saat ini hanya 100-150 orang per bulan.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42