Logo kotaperwira.com

Mulai Tahun 2013, Subsidi Beras PNS Purbalingga Dicabut

PURBALINGGA – Mulai tahun 2013, subsidi beras PNS sebanyak Rp 500/kilogram akan ditiadakan dalam APBD. Pemkab berharap, meski tidak ada subsidi, PNS tetap mau membeli beras petani.

Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko mengatakan, kebijakan subsidi beras PNS ini sebenarnya untuk membantu distribusi gabah petani yang dikelola oleh Perusda Puspahastama. Diharapkan, para petani tak lagi tergantung pemasaran produknya melalui tengkulak.

PNS menjadi pasar potensial karena jumlahnya yang besar hingga mencapai hampir 10 ribu orang, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. “Dengan adanya subsidi ini, dimaksudkan untuk setengah memaksa PNS membeli beras lokal petani kita. Kami mencari formula yang tepat agar PNS tetap mau membeli beras para petani kita,” katanya dalam Rapat Ketahanan Pangan, Rabu (24/10).

Beras yang diterima PNS setiap bulannya itu diambilkan dari dana kesejahteraan yang telah menjadi hak setiap selain gaji. Pemkab membeli beras petani dengan harga sesuai pasaran sehingga petani sangat diuntungkan. Berbeda sekali dengan para tengkulak yang selalu membeli di bawah harga pasar yang membuat petani selalu hidup dalam kemiskinan.

Sebagai ilustrasi, misal harga beras mencapai Rp 7.500/kg di pasaran. Maka Pemkab akan membantu Rp 500/kg sehingga dana kesra PNS cukup dipotong Rp 7.000/kg. Masing PNS mendapat jatah 10 kg, jadi tiap PNS rata-rata dipotong uang kesranya hingga Rp 70 ribu tiap bulannya.

“Mudah-mudahan, meski tidak ada subsidi, PNS tetap mau membeli beras petani,” harapnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42