Logo kotaperwira.com

Minim Rambu, Jembatan Putus Desa Karanggedang Picu Kecelakaan

KARANGANYAR – Ketiadaan rambu peringatan dan jalur yang tak terdapat lampu penerangan membuat titik putusnya Jembatan Kali Susukan di Karanggedang, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga menjadi lokasi langganan kecelakaan.

Kamis (15/3) malam, dua orang warga Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet harus dilarikan ke rumah sakit lantaran menabrak pembatas tebing yang hanya dibuat seadanya dari pohon dan karung pasir.

Salah seorang warga, Traiapsari menuturkan, pengendara motor itu baru saja pulang tahlilan dari keluarganya di Desa Kabunderan. “Kondisi jalan gelap, motor tidak tahu kalau sudah dekat jembatan.” kata dia.

Ia mengemukakan, kecelakaan dua warga Tangkisan itu bukan yang kali pertama. Beberapa saat lalu, ada pengendara yang menabrak portal bambu yang dipasang dengan jarak satu meter dari lokasi putusnya jembatan.

“Lah wis wora-wiri,” tutur dia. Triapsari juga mengatakan bahwa kebanyakan korban kecelakaan merupakan warga yang tidak biasa melalui jalan yang sudah putus dari tahun lalu itu.

Butuh Rambu

Beberapa warga menyayangkan posisi kelokan jalur menuju jembatan darurat yang terlalu dekat dengan lokasi putusnya jembatan. Menurut mereka, jalur jembatan darurat dibuat setidaknya lima meter dari jembatan putus.

Warga Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Subagyo menambahkan, seharusnya di lokasi itu dibuat rambu-rambu khusus, sehingga resiko kecelakaan di lokasi tersebut akan lebih berkurang.

“Kalau tak ada rambu, mau ngerem mendadak juga percuma, pasti akan menabrak portal. Padahal, jaraknya dengan jurang itu sudah sangat dekat kan,” tutur Subagyo yang kerap melalui jalan itu.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42