Logo kotaperwira.com

Menteri Pertanian Akan Pantau Kekeringan di Purbalingga

PURBALINGGA – Menteri Pertanian RI, Dr Ir H Suswono MMA akan melakukan pemantauan bencana kekeringan di sejumlah wilayah di Purbalingga, Kamis (6/9) siang sekitar pukul 14.00 WIB. Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dintanbunhut) Lili Purwati, Rabu (5/9) mengatakan, sebelumnya Mentan dijadwalkan mengunjungi wilayah Kebumen. Di Purbalingga, Mentan akan meninjau areal persawahan di Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon.

Sedikitnya 30 hektar sawah di wilayah Purbalingga mengalami kekeringan. Kekeringan terparah berada di wilayah Kecamatan Kemangkon. Jika dalam waktu dekat ini tidak turun hujan, maka tanaman padi dikhawatirkan akan mengalami puso.

“Data yang pasti masih dalam pengecekan staf saya, namun yang kekeringan kira-kira 30 hektar,” katanya.

Lily juga memastikan, meski ada areal persawahan yang mengalami kekeringan, namun target untuk surplus beras pada tahun 2012 ini sebesar 57.118 ton akan bisa tercapai. Target ini naik sekitar 10 ribu ton dibanding tahun 2011 yang mencapai surplus 47.440 ton.

“Surplus beras ini diperoleh dari luas panen 38.666 hektar. Kami tetap optimis, karena sudah hampir memasuki akhir musim kemarau, maka areal persawahan yang kekeringan bisa segera teraliri air,” katanya.

Lily menambahkan, total luas lahan sawah sebesar 23.708 hektar. Luasan lahan ini terdiri dari sawah irigasi degan 1 kali tanam padi seluas 2.590 ha, sawah irigasi dengan 2 kali tanam padi 18.211 ha, dan sawah tadah hujan seluas 12.905 hektar.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42