Logo kotaperwira.com

Menengok Upaya Keras Pemkab Purbalingga Meraih Adipura

Wujudkan Pasar yang Bersih dan Lingkungan nan Hijau

Purbalingga — Pemkab Purbalingga menempuh berbagai upaya dalam mendukung penilaian tahap pertama piala adipura. Tak tanggung-tanggung, Bupati Purbalingga turun langsung guna memotivasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih maupun mewujudkan lingkungan yang teduh. Salah satu yang dipantau ketat adalah keteduhan dan kebersihan di Pasar Segamas.

Pagi itu Jumat sekitar pukul 07.30, komplek pasar Segamas yang ramai lalu lalang orang menjadi tambah ramai. Sejumlah personil berseragam hijau berjaga di beberapa titik. Mulai dari pintu masuk, pintu keluar pasar dan beberapa di bagian lainnya.

Ya, saat itu bupati Purbalingga Drs Heru Sudjatmoko MSi dan rombongan datang ke Pasar Segamas. Petugas berseragam hijau yaitu Sat Pol PP sudah sibuk beberapa menit sebelum bupati dan rombongan datang. Sekitar pukul 07.40, rombongan tiba.

Turun dari kendaraan dinas, bupati yang memakai kaos putih dan celana sport biru nampak berjalan santai diikuti beberapa Kepala SKPD dan pejabat lainnya. Langkahnya langsung menyusuri bagian depan atau halaman pasar depan. Namun ada yang cukup mengagetkan, saat itu bupati berjalan menuju salah satu pot besar.

Langkahnya terhenti dan langsung memegang pohon di dalam pot besar itu dan berniat mencabutnya. Ternyata pohon itu sudah kering kerontang tak ada daun sama sekali. Heru mencoba mencabut. Meski setelah itu tiga orang personil Sat Pol PP langsung diperintahkan mencabut tanaman kering itu.

“Ini harus segera diganti, jangan dibiarkan dan tak enak dipandang. Apalagi didepan dan terlihat kering, ini sangat tak nyaman dipandang. Tolong ya, mana kepala pasar, segera diganti dengan tanaman baru,” kata Heru.

Tak hanya sekali, bupati juga melihat hal yang sama. Pohon kering tak berdaun. Ia melangkah dan mencoba mencabutnya. Melihat sikap Bupati, sejumlah personil Sat Pol PP langsung sibuk dan membantu mencabut pohon itu.

Pada kesempatan itu bupati meminta agar komplek pasar Segamas bisa kelihatan hijau tanpa mengabaikan kebersihan dan kerapian pasar. Bahkan, sudut bangunan pasar seperti lekukan tembok yang ada cekungan, diminta tak ada sampah. Mulai dari puntung rokok, bungkus permen hingga sampah kecil lainnya.

Heru juga mengajak para pedagang bisa menyiapkan tempat sampah sendiri di kios- kios yang ada di blok. Harapannya, bisa terwujud Pasar Segamas yang memang nyaman, bersih, tertib dan indah. Selain itu tentunya tetap diminati warga Purbalingga dan sekitarnya.

Tak berhenti sampai bagian dalam pasar maupun pohon yang kering, bupati juga sempat disuguhi beberap kios di bagian depan pasar yang tutup. Seolah tak pernah digunakan. Bupati meminta Kepala Dinperindagkop maupun kepala pasar segera mengupayakan agar kios itu ditempati dan digunakan.

“Jika perlu digunakan oleh orang lain selain penyewa, segera difasilitasi dan atas kesepakatan bersama. Meskipun semua menjadi hak penyewa untuk buka atau tidak, namun jika kios tutup, ada kesan tak enak,” tuturnya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42