Logo kotaperwira.com

Mahasiswa Purbalingga Ikuti Kompetisi Diplomasi di Amerika

PURBALINGGACatur Haryati (21) menjadi salah satu delegasi kompetisi diplomasi Harvard Nation Model United Nations (HNMUN) di Boston, Amerika Serikat. Mahasiswa asal Karangmoncol, Purbalingga ini tergabung dalam delegasi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto bersama lima mahasiswa lainnya. Mereka adalah Arbi Wienandar, Shofri Darmawan A, Ulfa Melissa Handoko Putri, Hany Anggut ASK, dan Hana Kusuma. Kegiatan bertaraf Internasional ini akan berlangsung 16-19 Pebruari 2012.

Delegasi Kompetisi Diplomasi Harvard Nation Model United Nations

Catur Haryati, Mahasiswa Asal Purbalingga Akan Mengikuti Kompetisi Diplomasi HNMUN

“HNMUN adalah kegiatan kompetisi simulasi sidang Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) terbesar dan tertua di dunia. Dimana kami akan berkesempatan bertemu dengan delegasi universitas dari berbagai dunia,” kata mahasiswa semester tujuh Fakultas Ekonomi Unsoed jurusan Akuntansi saat berkunjung ke Bagian Humas Setda Purbalingga, Sabtu (3/12).

Kunjungan ke Pemkab, lanjut Catur, untuk mencari dukungan dari Bupati dan jajarannya agar dirinya bersama delegasi Unsoed dapat berangkat mengikuti ajang HNMUN itu. Di Bagian Humas, Catur diterima Kasubag Analisis dan Kemitraan Media Ir Prayitno M.Si.

Dia menjelaskan, ajang HNMUN adalah kegiatan simulasi layaknya konferensi PBB. Tujuan utamanya adalah menyusun resolusi yaitu solusi dan jawaban atas permasalahan – permasalahan dunia. Delegasi UNSOED akan tersebar dalam 3 badan Majelis Umum PBB yaitu World Health Organizations (WHO), Political and Decolonization, dan Social, Humanitarian, and Cultural. Tiap komite akan membahas masalah yang berbeda sesuai dengan fokus dan tujuan tiap komite. Seperti pada WHO yang mencoba mengentaskan gizi buruk pada anak di dunia atau pada political and decolinization yang mencoba mengatur pemanfaatan nuklir di dunia.

Sebelumnya pada Oktober lalu, putra keempat pasangan Sunarto-Khadiem sempat mengikuti ajang Indonesia Model United Nations yang diselenggarakan oleh FISIP UI sebagai representatif dari negara Perancis. Sedangkan di HNMUN nanti, Catur beserta timnya akan menjadi representatif dari negara Usbekiztan.

Dia berkisah, keberhasilannya mengikuti ajang simulasi sidang PBB tak lepas dari aktifitasnya dalam kegiatan english club di fakultasnya yaitu Economic Faculty English Club (EFEC). Dari kegiatan itu, wanita yang terlahir pada November 1990 mengaku ketrampilan berbahasa inggrisnya terasah. “Setelah berhasil mengikuti Indonesia Model United Nations, kami ingin mengikuti acara yang lebih besar yaitu Harvard Nation MUN. Alhamdulillah, kami lolos seleksi yang diikuti 600-an peserta se-Indonesia,” papar Catur yang saat ini masih menjabat sebagai sekretaris EFEC.

Catur Haryati sebagai warga Purbalingga mengaku bangga bisa mengikuti ajang bergengsi di kancah international tersebut. Mahasiswa UNSOED ini meminta dukungan kepada berbagai pihak dan masyarakat Purbalingga agar dirinya dan rekan-rekannya bisa mendulang sukses di ajang tersebut . Keikutsertaanya dalam kegiatan HNMUN diharapkan dapat mengharumkan nama baik Purbalingga dan Indonesia.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42