Logo kotaperwira.com

LPSE Kabupaten Purbalingga Launching Awal Desember 2011

PurbalinggaLayanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Purbalingga akan diluncurkan paling lambat awal Desember 2011 mendatang. Namun, sebenarnya situs http://lpse.purbalinggakab.go.id sudah mulai on line menginformasikan berbagai pengumuman pengadaan barang dan jasa sejak September 2011 lalu.

“Software siap, hardware siap dan softskill SDM juga sudah siap. Tapi kita menunggu kesepakatan beberapa pihak terkait untuk launchingnya. Sedianya tanggal 15 November ini, tapi karena berbagai pertimbangan kita targetkan paling lambat awal Desember tahun ini,” jelas Sekretaris Tim LPSE Drs Suroto dalam Rapat Koordinasi Persiapan Launching LPSE di Ruang Rapat Bupati, Senin (14/11).

Rencananya launching akan dilaksanakan di Operation Room Graha Adiguna dengan mengundang berbagai pihak terkait termasuk DPRD, LPPD Pusat, LPSE kabupaten tetangga, perwakilan organisasi-organisasi pengusaha barang dan jasa dan pers. Setelah launching, peserta akan diajak mengunjungi Sekretariat LPSE yang telah dilengkapi dengan bidding room.

“Kita telah menyediakan bandwidth hingga 2 mega bits per second (mpbs) sehingga akses akan lebih cepat dan mampu memuat data yang maksimal,” jelasnya.

Persiapan launching LPSE telah mencapai final. Termasuk melengkapi security system melalui firewall yang sesuai standar yang disarankan untuk mengantisipasi hacker atau pihak-pihak tak bertanggung jawab yang sengaja merusak sistem dengan kepentingan tertentu.

“Persoalan yang selama ini kita hadapi juga telah tertuntaskan salah satunya tentang SDM. Harus diakui, para pengadaan barang dan jasa yang telah senior kebanyakan tidak menguasai teknologi komunikasi informatika. Maka itu, kita latih PNS baru yang menguasai TIK dengan pengetahuan pengadaan barang dan jasa,” imbuhnya.

LPSE dan E-Gov

Sesuai dengan Perpres 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah, tiap kabupaten/kota wajib menerapkan LPSE. Keberadaan LPSE secara langsung semakin mendukung pelaksanaan e-government secara aplikatif dan dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama para rekanan.

“Ini memang sebagian kecil dari penerapan e-gov. Fungsi e-gov kan memang untuk pengendalian karena disini ada transparansi dan akurasi yang bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Tim LPSE sekaligus Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Drs Yonathan Eko Nugroho MHum mengatakan sistem informatika terintegrasi untuk semua tugas pokok dan fungsi telah diupayakan sejak dirinya masih menjabat sebagai Kepala Bagian Pusat Data Eletronik (PDE) Setda Purbalingga. Selain menjaga eksistensi situs resmi pemkab www.purbalinggakab.go.id yang bersifat informatif, pihaknya juga telah berupaya mengaktifkan sistem informasi lainnya seperti SIAK, SIMPEG, dan sebagainya.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42