Logo kotaperwira.com

Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI)

Purbalingga – Wakil Bupati Purbalingga Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM meminta penyelenggaraan Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) ditingkatkan kualitasnya. Perhatian dan apresiasi dari seluruh stake holders pendidikan hendaknya dijadikan modal untuk membawa Lomba Mapsi menjadi lomba yang bergengsi.

“Dinas pendidikan dan para guru pendidikan agama islam harus lebih serius menggarap lomba Mapsi sebagai lomba kelas satu. Agar menjadi lomba yang bergengsi, maka penyelenggaraanya mesti dilaksanakan secara professional,” kata Wabup saat membuka Lomba Mapsi SD ke-14 tingkat kabupaten Purbalingga di Pendopo Cahyana, Kamis (28/7).

Menurut Wabup, lomba mapsi bukan sekedar lomba biasa. Lomba ini merupakan agenda akademik, namun juga bernilai ibadah dalam dimensi ukhkrowiyah. Meski ada persaingan, lanjut Kento, namun pelaksanaanya harus selalu diwarnai kejujuran dan objektifitas yang tinggi. Sehingga lomba yang diadakan setahun sekali, mampu menghasilkan juara yang berkualitas dan mampu bersaing pada event serupa ditingkat yang lebih tinggi.

Ditambahkan Wabup, pada lomba Mapsi tingkat provinsi Jateng tahun 2010, Purbalingga baru bisa membawa predikat juara II seni rebana dan juara II seni macapat islami putri.

Ketua panitia H Sahlan S.PdI menuturkan, lomba diikuti lebih dari 500 siswa SD. Jenis lomba yang diadakan yakni lomba bidang mata pelajaran PAI dan BTQ meliputi pengetahuan pendidikan agama islam dan pengetahuan baca tulis Al Qur’an serta praktek ketrampilan gerakan dan bacaan sholat fardlu. Selain itu juga diadakan lomba bidang seni islami terdiri dari cabang seni musik rebana, seni khot dan kaligrafi Al Qur’an, seni khitobah (pidato), seni macapat islami dan praktek tilawatil Qur’an.

“Untuk lomba seni musik rebana kami pusatkan di Pendopo Cahyana. Sedangkan lomba lainnya diselenggarakan di ruang kelas SD Purbalingga Wetan 1,” terang Sahlan.

Dia menambahkan, semua cabang lomba akan diambil juara I, II dan III. Sesuai tujuannya, maka bagi juara I masing-masing cabang akan menjadi kafilah Purbalingga untuk mengikuti lomba yang sama tingkat profinsi Jawa Tengah.

Tags: , , , , , ,  , macapat islamibtq sdgerakan-gerakan pendidikanmateri mapsi 2013soal mapsi sd 2013materi mapsi agama islamlatihan soal lomba mapsi btqpengetahuan agama lomba mapsisoal btq agama islamPENGERTIAN LOMBA mapsi
Source: Purbalinggakab

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan