Logo kotaperwira.com

Lomba Mading dalam Rangka Memperingati HUT ke-29 SMAN 1 Bobotsari

Purbalingga – Awalnya, Bangkit Kresno (15) mengaku kesulitan mencari ide untuk menuangkannya dalam papan majalah dinding kelas XII IPA 1 SMA 1 Bobotsari, Purbalingga. Dengan modal nekat dan waktu yang hanya tersisa tiga hari, dia bersama empat orang kawannya, memutuskan untuk mengambil tema pendidikan. Alasannya, dia dan teman-temannya masih pelajar.

“Hal itu paling mudah dan dekat dengan kami, anak sekolahan,” tutur Bangkit, di sela-sela penilaian lomba mading antarkelas dalam rangka memperingati HUT ke-29 SMA 1 Bobotsari, kemarin (8/10).

Sejurus kemudian, dia membagi tugas untuk melakukan reportase dan mencari foto. Meski dengan pengetahuan seadanya, Bangkit tidak menyangka. Hasil jerih payah timnya, yang ditempel di papan mading untuk mewakili kelasnya itu, mendapatkan juara umum.

Wawancara Hingga Fotografi Jadi Kendala

Meski telah menyabet dua kali juara lomba mading antar SMA, yaitu pada 2010 dan 2011, namun, Amin mengakui masih mengalami kendala dalam membuat sebuah karya. Misalnya, dalam hal teknik wawancara, penulisan berita dan fotografi.

“Mungkin, masih membutuhkan pelatihan tingkat dasar dan seterusnya,” ujarnya.

Dalam peringatan HUT SMA 1 Bobotsari itu, juga digelar lomba antarkelas lainnya, seperti tumpeng, band dan bakti sosial di desa Majapura kecamatan Bobotsari.

Menurut penuturan Pembina OSIS SMA 1 Bobotsari, Amin Edy Nuraris setiap anak harus diajarkan untuk menuangkan pikiran melalui tulisan sejak masih duduk di bangku sekolah.

Pasalnya, dengan membuat sebuah karya jurnalistik, seorang anak belajar untuk menuangkan gagasan, membuat laporan dengan cara reportase dan menganalisis lewat penuĀ­lisan berita.

Tags: , , ,  , cara membuat mading sekolahpenilaian lomba madingcara membuat madinggambar mading sekolahmembuat mading sekolahcontoh mading dalam rangka ulang tahun sekolahcontoh isi mading tema hut sekolahMading apa yang bagus untuk tema ulang tahun sekolahtema ulang tahun sekolah dan isi mading
Source: Suara Merdeka

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan