Logo kotaperwira.com

Lazis Cabang Purbalingga, Untuk Duafa, Terasa Nikmat

PURBALINGGA – Tidak banyak orang yang bersedia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk kepentingan kaum duafa. Kalau bukan karena panggilan jiwa, sulit untuk melakukan hal itu. Apalagi secara materi tidak banyak yang bisa diharapkan dalam pekerjaan tersebut.

Hal itu tidak berlaku bagi Cahyo Triyoko. Dia rela keluar dari pekerjaan di lembaga keuangan dan memilih mengabdikan diri untuk kepentingan duafa. Sejak setahun lalu, dia menjadi pimpinan Lembaga Amil Zakat al Ihsan (Lazis) Cabang Purbalingga.

“Saat ini kami mempunyai lebih dari 300 donatur atau pemberi zakat, infak, dan sedekah. Mereka berlatar belakang berbagai profesi, termasuk pedagang keliling dan tukang becak. Mereka memberikan sedekah dari penghasilan minimnya,” katanya, Selasa (27/3).

Senyum

Yang menarik, Cahyo selama ini lebih sering menjadi pemain tunggal dalam pengembangan Lazis ini. Ketiga rekannya sibuk dengan pekerjaan utamanya. Tetapi hal itu tidak menjadi masalah bagi suami Elly Purwati tersebut. Dia tetap menjalani aktivitasnya dengan senyum.

“Saya sejak lama memang senang merawat orang duafa. Dulu saya kerja di lembaga keuangan mengurusi orang utang. Sekarang saya mengumpulkan sedekah dari donatur dan menyalurkannya untuk duafa, terasa nikmat. Meski saya harus bekerja siang dan malam,” ujarnya.

Pria berperawakan kurus kelahiran tahun 1977 itu menambahkan, ada banyak suka duka selama melakoni tugas mulia tersebut. Salah satu dukanya adalah ketika tidak ada tanggapan usai presentasi di depan sebuah lembaga, padahal semua jurus sudah dikeluarkan tetapi tidak ada yang tergerak hatinya.

Cahyo juga mempunyai pengalaman yang membuatnya terharu. Betapa tidak, seorang pedagang jajan anak cireng, mau menyisihkan hartanya untuk ikut bersedekah. Pedagang itu juga rajin puasa Senin-Kamis, padahal setiap hari berjualan bersepeda 15 km pulang-pergi.

Dia menambahkan, Lazis adalah lembaga mandiri karena tidak mendapat bantuan dana dari pemerintah. Masyarakat yang ingin menyalurkan zakat, infak atau sedekah bisa menghubungi dia di 085742995004. “Saya siap menjemput, berapa pun jumlahnya,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42