Logo kotaperwira.com

Landasan Pacu Lanud Wirasaba Bisa Diperpanjang 2.500 Meter

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko mengatakan, landasan pacu Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba, Purbalingga, Jateng, lebih memungkinkan diperpanjang jika dibanding Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

“Landasan pacu Wirasaba saat ini hanya sekitar 850 meter, jika harus dikembangkan menjadi 2.500 meter, lahannya masih sangat memungkinkan. Untuk pengembangan landasan pacu paling tidak membutuhkan lahan dari tiga desa yakni, Desa Wirasaba, Kedunglegok, dan Kemangkon,” kata Heru, di Purbalingga, Senin.

Menurut dia, kemungkinan memperpanjang landasan pacu ini sebagai upaya untuk mewujudkan pengembangan Lanud Wirasaba menjadi bandara komersial.

Ia mengatakan, keberadaan Bandara Wirasaba sudah menjadi kebutuhan bersama. Bahkan, kata dia, sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah bagian barat mendukung pengembangan Wirasaba menjadi bandara komersial.

“Pada pertemuan 12 kabupaten/kota wilayah Jateng Bagian Barat, kami sudah sepakat untuk mengembangkan Bandara Wirasaba guna menunjang perkembangan ekonomi dan pariwisata,” katanya.

Kendati demikian, dia mengakui, Pemerintah Kabupaten Purbalingga bersama kabupaten lainnya belum akan menganggarkan pembenahan Bandara Wirasaba.

Menurut dia, Pemkab Purbalingga bersama Pemkab Banyumas sudah mulai membangun prasarana pendukung berupa Jembatan Linggamas di atas Sungai Klawing yang menghubungkan Sokaraja di Banyumas dengan Kedungbenda di Purbalingga sebagai persiapan pembangunan Bandara Wirasaba.

“Jika jembatan yang mulai dibangun ini selesai, maka jarak tempuh dari Purwokerto menuju Wirasaba hanya sekitar 14 kilometer. Sekarang harus memutar melewati kota Purbalingga hingga kemudian ke Wirasaba yang berjarak sekitar 30 kilometer,” katanya.

Ia mengaku bersama Bupati Banyumas Mardjoko akan menemui Gubernur Jateng dan Menteri Perhubungan terkait rencana pengembangan Bandara Wirasaba.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purbalingga Setiyadi mengatakan, Wirasaba memiliki posisi strategis jika dikembangkan menjadi bandara komersial karena mudah dijangkau dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan kabupaten sekitar, yakni Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Wonosobo, Kebumen, dan Cilacap.

“Izin prinsip pemanfaatan Pangkalan Udara Wirasaba menjadi Lapangan Udara Sipil telah dikeluarkan oleh Mabes TNI AU pada tahun 2007,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42