Logo kotaperwira.com

Lampaui Target PBB, Pemkab Purbalingga Bagi Hadiah

PURBALINGGA – Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Perwira Tahun 2011 kemarin melampaui target. Tahun lalu, pemkab meraup Rp 14,3 Miliar, padahal target yang dicanangkan hanya sekitar Rp 12,5 miliar.

Itu diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD), C Sumarni, ketika acara Penyerahan Hadiah Pelunasan PBB Tahun 2011 di Pendapa Dipokusumo, Selasa (27/3). “Tahun 2012 ini, Pokok Ketetapan PBB Purbalingga totalnya 14,3 miliar yang terdiri dari sektor perdesaan sebesar Rp 7,6 miliar dan perkotaan sebesar 7,07 miliar,” imbuh dia.

Atas prestasi itu, pemkab memberikan hadiah kepada sejumlah kecamatan, kelurahan dan desa yang berprestasi. Penilaiannya berdasarkan seberapa cepat mereka menyerahkan tanggungan PBB sebelum jatuh tempo, Adapun yang mendapatkan hadiah itu adalah lima kelurahan, 25 desa dan 10 kecamatan.

Setiap kategori terdiri dari lima wilayah yang berprestasi dan hadiah diberikan langsung oleh Bupati Purbalingga. Untuk rangking satu hingga tiga, mendapat hadiah uang tunai, piagam penghargaan dan berupa barang. Sementara, rangking empat dan lima hanya mendapat bonus uang tunai dan piagam penghargaan.

Lima kelurahan yang mendapat hadiah yakni Kembaran Kulon, Bojong, Bancar, Kedungmenjangan, dan Purbalingga Kidul. Untuk Desa dengan pokok ketetapan sampai Rp 35 juta, Desa Brecek Kecamatan Kaligondang jadi yang tercepat.

Untuk pokok ketetapan antara Rp 35 juta hingga Rp 50 juta, Desa Adiarsa, Kecamatan Kertanegara jadi tercepat, sementara untuk pokok ketetapan Rp 50 juta hingga 65 juta diraih Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan. Desa Serang, Karangreja jadi yang terbaik untuk pokok ketetapan antara Rp 65 juta hingga Rp 80 juta. Untuk pokok ketetapan lebih dari Rp 80 juta yang terbaik diraih Desa Panican, Kecamatan Kemangkon.

Kecamatan Rembang menjadi yang tercepat dibanding kecamatan lainnya yang pokok ketatapannya mencapai kurang dari Rp 750 juta. Untuk pokok ketetapan lebih dari Rp 750 juta, Kecamatan Bukateja jadi yang tercepat. Bupati Heru Sudjatmoko mengatakan membayar pajak merupakan kewajiban dari masyarakat kepada negaranya. Jika masyarakat sudah memenuhi kewajibannya, maka negara akan memberikan hak masyarakat.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42