Logo kotaperwira.com

Lahan Pertanian di Purbalingga Terus Beralih Fungsi

PURBALINGGA – Alih fungsi lahan dari areal persawahan menjadi permukiman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terus terjadi. Padahal, lahan sawah yang digunakan untuk permukiman merupakan lahan produktif.

Berdasarkan pemantauan mediaindonesia di Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, misalnya, permukiman rumahan dibangun pada lahan sawah produktif. Di sisi kanan kiri permukiman masih terbentang areal persawahan.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Distanbunhut) Purbalingga Lily Purwati ketika dimintai konfirmasi mengakui ada lahan persawahan yang diubah peruntukkannya menjadi pabrik, sekolah, dan permukiman.

“Tetapi pada waktu itu peraturan daerah (perda) mengenai rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) belum terlalu ketat. Namun, sekarang Perda RTRW ketat, sehingga izin mendirikan bangunan pada lahan pertanian produktif sangat selektif,” tegasnya, Rabu (13/6).

Menurut Lily, pengetatan pemberian izin dilakukan agar lahan persawahan, terutama yang produktif, tidak terus menyusut. Sebab, kalau lahan pertanian menyusut dampaknya antara lain menurunkan produksi tanaman pangan.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42