Logo kotaperwira.com

Ladang "Ganja" Gemparkan Purbalingga

SEMARANG – Warga Kecamatan Karangreja, Purbalingga, kemarin digemparkan dengan penemuan ratusan pohon yang diduga ganja di sebuah lahan di lereng Gunung Slamet. Lokasi tersebut telah diperiksa anggota Reserse Narkoba Polda Jateng dan Polres Purbalingga.

Pemeriksaan tersebut berawal dari laporan warga ke Polres Purbalingga. Warga mencurigai tiga pemuda yang tengah mengisap rokok dengan campuran daun seperti daun ganja kering, Minggu (29/4) sore. Laporan itu diteruskan Polres ke Polda.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng Kombes Jhon Turman Panjaitan mengatakan, polisi langsung menindaklanjuti dengan mengirim sejumlah anggota ke lokasi itu. Ketiga pemuda bernama Sutrisna, Sudirman, dan Andre diamankan.

“Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya mengaku merokok dengan campuran daun mirip daun ganja. Mereka mengaku memperoleh daun tersebut dari area lahan di Kecamatan Karangreja yang terletak di lereng Gunung Slamet,” jelas Jhon.

Polisi segera menyisir lokasi dan mendapati ratusan pohon dengan daun bergerigi yang mirip ganja (Cannabis sativa). “Kami mengamankan sekitar 250 batang tanaman tersebut,” imbuhnya.

Ketiga pemuda itu menjalani tes urine. Hasilnya negatif. Polisi tidak menemukan kandungan zat cannabis di dalam urine mereka. Ketiganya pun diperbolehkan pulang.

Dikirim ke Labfor

Namun demikian, untuk memastikan tanaman itu ganja atau bukan, Polda mengirim sampel tanaman ke Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Semarang.

“Labfor akan menguji kandungan tanaman itu, apakah mengandung zat cannabis seperti yang biasa ditemukan pada daun ganja atau tidak. Namun dari pemeriksaan luar, pohon itu bukan ganja. Sekilas memang mirip ganja karena daunnya bergerigi, tapi itu bukan daun ganja,” terangnya.

Jhon Turman belum bisa memastikan spesies tanaman itu dan masih menunggu hasil tes Labfor. “Kami belum tahu jenisnya. Tetapi daun itu bisa dicampur dengan rokok,” katanya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jateng Kombes Djihartono menambahkan, pihaknya sudah menerima laporan dari Polres Purbalingga bahwa tanaman tersebut bukan ganja.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42