Logo kotaperwira.com

Kuwukan Kaligondang Juarai Festival Permainan Rakyat

Purbalingga – Perwakilan Kecamatan Kaligondang menjadi Juara I dalam Festival Permainan Rakyat yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) di GOR Mahesa Jenar, Kamis (3/11). Belasan anak yang membawakan permainan ‘Kuwukan’ tampil meyakinkan yang membuat para tamu undangan bernostalgia pada masa kecilnya.

Juara II diraih Kecamatan Bojongsari dengan permainan ‘Gobag Sodor’ dan Kecamatan Kutasari meraih Juara III dengan permainan ‘Dul-dulan’. Ketiga juara ini menjadi yang terbaik dari enam tim dari kecamatan lainnya. Ketiga tim lainnya antara lain Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Rembang dan Kecamatan Bobotsari.

Festival Permainan Rakyat Purbalingga

Permainan ‘Kuwukan’ dalam Festival Permainan Rakyat Purbalingga

“Yang kami undang semua kecamatan, 18 kecamatan se-kabupaten Purbalingga. Tapi memang yang berpartisipasi hanya enam. Sampai saat ini kami belum mendata keseluruhan penyebab adanya kecamatan yang tidak mengikutkan,” ujar Kepala Seksi Pembinaan Kesenian dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Sri Pamekas.

Menurut Sri Pamekas, ada kecamatan yang absent karena minimnya anggaran untuk mengikutsertakan tim mewakili kecamatan dalam festival ini. Tapi tidak sedikit kecamatan lain yang memang mengaku telah mengikuti banyak sekali perlombaan sebelum dan sesudah Ujian Tengah Semester (UTS) lalu.

Meski demikian, festival berlangsung cukup meriah. Banyak tamu undangan yang rata-rata generasi ‘sepuh’ melayangkan pikiran pada masa kecilnya yang bahagia. Bagi anak-anak murid SMP yang ternganga melihat permainan yang saat ini baru pernah dilihatnya.

Kepala Dinbudparpora Drs Suyitno mengatakan, kegiatan ini memang bertujuan untuk ‘nguri-uri’ permainan rakyat yang kini hampir punah. Anak-anak jaman sekarang lebih akrab dengan games digital, facebook, dan permainan yang berbasis teknologi informasi lainnya.

“Jangan sampai permainan rakyat ini hilang. Karena didalamnya banyak filosofis yang bisa menjadi pelajaran hidup. Termasuk salah satunya sosialisasi hubungan bermasyarakat yang kini sudah mulai luntur,” jelasnya.

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42