Logo kotaperwira.com

Kota Semarang Terkorup di Jateng, Purbalingga Belum Nampak Mencuat

SEMARANG – Kota Semarang masih merupakan kota paling korup dibanding 34 kabupaten dan kota, sepanjang 2011 di Jawa Tengah.

“Sepanjang 2011 tercatat terdapat 11 kasus korupsi, sedangkan daerah yang belum nampak mencuat kasus korupsi adalah Kabupaten Purbalingga,” ujar Sekretaris Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah, Senin (12/12/2011) di Semarang.

Eko Haryanto mengatakan, sebagai ibu kota Jateng, tindak korupsi di Semarang masih dominan dilakukan oleh para pejabat publik dan aparat birokrasi. Ada pun sektor yang paling empuk untuk melakukan korupsi yakni sektor proyek infrastruktur, bantuan sosial dan anggaran daerah.

Masih tingginya kasus tindak kejahatan korupsi di Kota Semarang, juga menunjukkan belum intensifnya aparat penegak hukum secara serius menangani perkara korupsi, termasuk memproses pelaku tindak korupsi dengan cepat.

Puncak dari rekor Kota Semarang sebagai kota terbanyak tindak kejahatan korupsi, tertangkap tangan Sekretaris Kota Semarang, Akhmad Zaenuri dan dua anggota DPRD, Agung PS dan Sumartono oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada akhir Oktober 2011. Ketiga pelaku suap dalam pembahasan anggaran daerah itu, sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42