Logo kotaperwira.com

Konferensi Remaja (Youth Conference) Palang Merah Indonesia di Purbalingga

PURBALINGGA – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga Drs Suyitno mengatakan, Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) hendaknya dapat mencegah dan menghindari tawuran antar pelajar khususnya di kalangan siswa SMA/SMK dan Madrasah Aliyah (MA).

“FORPIS selain bergerak dibidang kepalangmerahan, juga sebagai wadah mempererat persahabatan antar sekolah. Dengan saling berkomunikasi, bersilahturahmi dan menjalin kerjasama yang kuat, maka peristiwa tawuran yang terjadi di kota lain tidak akan merembet ke Purbalingga,” kata Suyitno.

Suyitno mengatakan hal tersebut saat membuka dan sekaligus memberikan pengarahan pada Konferensi Remaja (Youth Conference) Palang Merah Indonesia yang berlangsung di SMK Negeri 2 Purbalingga, Sabtu–Minggu (17/3–18/3). Konferensi diikuti oleh 69 peserta dari 19 unit Palang Merah Remaja (PMR) SMA/SMK/MA se Kabupaten Purbalingga.

Dalam konferensi tersebut juga berhasil dipilih Rinta Amelia (SMA N 1 Purbalingga) sebagai Koordinator Kabupaten (Korkab) FORPIS Purbalingga periode 2012 – 2014. Selain itu Wahidin Didi Supardjo, S.PdI, juga terpilih sebagai Komandan Korps Sukarela (KSR) PMI periode 2012-2014.

Suyitno menambahkan, FORPIS adalah relawan masa depan PMI yang harus terus dibenahi dan dibentuk karakternya sesuai dengan Tri Bhakti PMR yaitu berbakti kepada masyarakat, mempertinggi keterampilan, memelihara kebersihan dan kesehatan serta mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Sementara itu Anggota PMI Purbalingga Rukmawan Suci Laswono, SE yang juga Ketua Panitia Pengarah konferensi mengatakan, relawan PMI Purbalingga dalam kurun waktu dua tahun terakhir telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan tanggap darurat bencana yang terjadi di Purbalingga maupun di luar kota, seperti tanggap darurat erupsi Gunung Merapi di Magelang, tanggap darurat erupsi kawah beracun Timbang di Dataran Tinggi Dieng, dan bencana alam di Purbalingga seperti angin puting beliung, tanah longsor dan banjir bandang. “Relawan yang bernggotakan 60 orang ini siap digerakan sewaktu-waktu dalam pennganan siaga bencana di Purbalingga maupun di kota lain jika dibutuhkan,” kata Rukmawan.

Sekretaris PMI Purbalingga Mochamad Ichwan, SH saat menutup acara tersebut, Minggu (18/3) siang mengatakan, PMI siap memfasilitasi harapan serta keinginan FORPIS dan Relawan demi terwujudnya PMI Purbalingga yang lebih tanggap, profesional dan dicintai masyarakat.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42