Logo kotaperwira.com

Komitmen Pemda atas Inovasi Teknologi Masih Rendah

PURBALINGGA – Direktur Pusat Pengkajian Kebijakan Inovasi Teknologi BPPT, Dr Ir Ugay Sugarmansyah menilai pemerintah daerah belum memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan inovasi teknologi.

Saat jadi pembicara dalam rapat koordinasi Forum Sahlibup Barlingmascakeb di Operation Room Graha Adiguna Purbalingga, Ugay berujar, inovasi teknologi sangat bergantung kepada kebijakan politik. “Kebijakannya belum mendukung ke arah sana. Leadership di daerah menjadi kuncinya,” tandas Ugay Sugarmansyah di depan puluhan staf ahli bupati di wilayah Barlingmascakeb.

Banyaknya daerah yang belum merampungkan pengembangan klaster industri adalah bukti rendahnya daya dukung kebijakan. Hingga November 2011, dari sekian banyak kabupaten/ kota, hanya Blitar, Cimahi dan Pekalongan yang berkembang cukup pesat.

“Sistem inovasi daerah seharusnya masuk adalam RPJMD agar ada kekuatan hukum. Selain itu harusnya ada interaksi antarstakeholder,” tutur Ugay.

Rendahnya budaya inovasi tersebut membuat perkembangan inovasi di daerah hanya sebatas discovery dan invensi. Belum menyentuh pada rahan inovasi bahkan difusi. Disebutkan, invensi merupakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, yang dapat berupa proses atau hasil produksi atau bahkan penyempurnaan dan pengembangan.

Sementara inovasi, ujar Ugay, dimaknai sebagai perpotongan antara invensi dengan pandangan (insight) menuju ke penciptaan nilai-nilai sosial dan ekonomi.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42