Logo kotaperwira.com

KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UMP Purwokerto di Purbalingga

Purbalingga – 485 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di kabupaten Purbalingga, 18 Juli – 24 Agustus 2011. Mereka akan melaksanakan KKN di empat wilayah kecamatan yakni kecamatan Karanganyar meliputi 13 desa, Kertanegara (11), Karangmoncol (11) dan kecamatan Rembang (12 desa).

Penerimaan mahasiswa KKN-PPM dilaksanakan Senin (18/7) di Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Para mahasiswa diserahkan langsung oleh rektor UMP dr H Syamsuhadi Irsyad MH kepada wakil bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM di dampingi pembantu rektor (Purek) I UMP Drs Sutomo MSi dan Ketua LPPM Prof dr Tukiran MM.

Wabup Sukento mengharapkan para mahasiswa mampu melakukan sinergi antara program KKN-PPM dengan pelaksanaan program pemkab yang sedang berjalan. Dia juga berpesan agar para mahasiswa mau berpartisipasi dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), KIE dan social marketing program KB, pendataan keluarga dan sosialisasi garam beryodium.

“Saya sudah menyediakan tempat bagi kalian mengaplikasikan ilmu di masyarakat. Tapi saya tidak akan meminta imbalan macam-macam. Saya hanya ingin, kalian membantu program pariwisata di Purbalingga. Caranya setiap satu orang dari kalian harus mendatangkan 10 orang berwisata di Purbalingga. Kalian harus sanggup. Kalau tidak sanggup saya kembalikan kalian kepada rektor,” ungkap wabup Sukento berkelakar.

Ia menjelaskan, di Purbalingga banyak obyek wisata yang penting untuk dikunjungi. Selain obyek wisata Bojongsari (Owabong), dilokasi KKN juga terdapat dua curug yang indah dan potensial tapi belum digarap yakni curug Karang dan curug Kaul. Sebagai bukti kecintaan dan terima kasih kepada Purbalingga, wabup meminta para mahasiswa bisa memberikan solusi dan inovasi pengembangan kedua curug itu.

“Jangan berikan sesuatu kenang-kenangan kepada saya. Tapi cobalah berbagai potensi pariwisata dan kuliner yang ada di Purbalingga,” tandas Wabup.

Rektor UMP dr H Syamsuhadi Irsyad MH berharap agar kerjasama penempatan KKN dapat bersambung secara baik dan menguntungkan kedua belah pihak. Pelaksanaan KKN juga diharapkan dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarkat.

“Pelaksanaan KKN yang bertepatan dengan waktu puasa, hendaknya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa sesuai bekal ilmu yang diterima di universitas. Berikan citra baik UMP kepada masyarakat,” katanya.

Saat ini Purbalingga sedang menjadi tempat KKN Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIkes) Bina Cipta Husada Purwokerto. Mereka ditempatkan di tiga desa meliputi Desa Majasari, Wirasaba, dan Desa Bajong kecamatan Bukateja hingga 6 Agustus 2011. Sementara Selasa besok (19/7) giliran KKN Posdaya Unsoed Purwokerto dijadwalkan diterima Bupati di Pendopo Dipokusumo.

Tags: , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42