Logo kotaperwira.com

Ketua Komisi IV DPR RI Bantu Mesin Rice Transplanter

PURBALINGGA – Ketua Komisi IV DPR-RI Ir. H. M. Romahurmuziy, MT (Gus Romy), Selasa (3/1) melakukan kunjungan kerja (Kunja) di Kabupaten Purbalingga (Jateng). Selain untuk menyerap aspirasi dari para petani di Purbalingga, Kunja Gus Romy kali ini sekaligus untuk menyerahkan bantuan Rice Transplanter atau alat tanam padi kepada Balai Benih di Desa Mewek Kalimanah.

“Kami menyerahkan bantuan program akhir tahun 2011, diantaranya satu mesin otomatisasi tanam atau rice tranplanter. Ini pertama kali di Indonesia. Dari seluruhnya 60 unit se-Indonesia, salah satunya untuk Purbalingga,” kata Gus Romy yang juga Sekjen DPP PPP di aula kantor Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dintanbunhut) Purbalingga.

Ketua Komisi IV DPR RI beri bantuan Rice Transplanter

Gus Rommy Beri Bantuan Rice Transplanter ke Balai Benih Mewek

Dia mengatakan, penerapan teknologi transplanter merupakan pilot project. Jadi nantinya akan ditunggu masukan dari kelompok tani yang menerima. Karena tingkat pengetahuan yang terbatas, alat ini ditempatkan di balai benih Mewek. Dengan maksud alat ini dapat dipinjamkan kepada petani atau kelompok tani yang membutuhkan. Gus Romy berjanji akan datang kembali ke Purbalingga untuk melihat kehandalan mesin itu.

“Jika bagus, tahun depan akan ditambah. Namun jika malah merepotkan, ya sudah, berarti petani kita memang belum bisa dengan tranplanter. Tapi coba dipelajari dulu cara penggunaanya dengan baik,” tegas Gus Romy di dampingi Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si, dan Kepala Dintanbunhut Ir Lily Purwati.

Tahun 2011, Purbalingga mendapat bantuan alokasi dana aspirasi sebesar Rp. 4,1 Milliar. Dana tersebut digunakan untuk membiayai pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT) dan jaringan irigasi pedesaan (JIDES). Ada sebanyak 17 kelompok tani dari 4 kecamatan yang menerima bantuan JITUT dengan total luas oncoran sebanyak 3.000 ha. Sementara untuk JIDES, ada 22 kelompok tani dari 10 kecamatan yang menerima bantuan dengan luas oncoran 2.000 ha. Di bidang kehutanan, Purbalingga juga menerima bantuan program agro forestry bagi 10 kelompok tani masing-masing Rp. 50 juta.

“Saya minta kepada kelompok tani untuk memperhatikan administrasinya. Jangan sampai menimbulkan masalah bagi Gus Romy yang telah memperjuangkan bantuan untuk kita,” pesan bupati kepada seluruh kelompok tani penerima bantuan.

Kunja Gus Romy di Purbalingga terlebih dulu diterima Bupati di pringgitan Pendopo Dipokusumo, kemudian menuju aula Dintanbunhut untuk menyerahkan bantuan transplanter. Setelah itu dilanjutkan peninjauan lapangan di wilayah Kecamatan Bukateja.

Tags: , , , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42