Logo kotaperwira.com

Kenaikan Harga Sembako Jelang Lebaran di Purbalingga Masih Wajar

Purbalingga – Kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula dan lainnya yang mulai naik selama puasa hingga lebaran dinilai masih wajar. Kenaikan baru sampai 10 persen dan masih bisa ditolerir.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinsperindagkop Purbalingga, Drs Agus Winarno MSi, Kamis (25/8). Dia mengatakan, bila kenaikan sudah melebihi 10 persen dan diperkirakan bisa menyebabkan permasalahan serius, pemerintah akan bertindak.

“Saat ini stok kebutuhan pokok masih tetap kita pantau dengan ketat. Persediaan yang ada mencukupi hingga 3 bulan mendatang. Misalnya untuk beras, langkah pemerintah menggelar operasi pasar belum perlu,” ujarnya.

Dinas Lakukan Pantauan Ketat

Dinas terus memantau dari aspek produksi, suplai, distribusi, harga dan kualitas barangnya. Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat juga diminta mewaspadai beredarnya barang-barang kebutuhan yang sudah kedaluarsa. Terutama menjelang lebaran di wilayah pedesaan yang disinyalir rawan atau berpotensi dimasuki produk lewat batas waktu itu.

Ketua Asosiasi Perberasan Banyumas (APB) wilayah Purbalingga, Drs Mustangin mengatkan, kenaikan harga beras terus berlanjut hingga puncak harga mencapai kisaran Rp 7 ribu per kilogram untuk jenis IR. Apalagi yang terus ramai atau laku di pasaran saat ini juga jenis IR.

“Pada pekan ini harga beras IR di tingkat penggilingan padi sudah mencapai Rp 6.500 untuk gabah baru. Sedangkan untuk gabah hasil panen lama atau stok lama, harga berasnya Rp 6.200 perkilogram. Kalau di eceran warung sudah bisa tembus Rp 7.000,” paparnya.

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42