Logo kotaperwira.com

Kemarau Panjang, Petani di Purbalingga Jual Tanah Galian Sawah

Purbalingga – Sejumlah petani di kecamatan Kemangkon, Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menjual tanah galian sawah mereka yang mengering.

Kasiran, Seorang petani di desa Toyareka, kecamatan Kemangkon mengungkapkan pada musim kemarau seperti sekarang, umumnya sawah-sawah tidak bisa digarap. “Karena menganggur cukup lama, maka saya berinisiatif untuk menjual galian tanah sawah. Lumayan harganya. Saya kemarin menjual dua mobil pikap, harganya Rp100 ribu, ” jelas Kasiran, Kamis (29/9).

Petani di desa Jetis, kecamatan Kemangkon Sarno mengatakan dirinya juga menjual galian tanah sawah karena lahannya memang tidak dapat ditanami apapun. “Wilayah sini merupakan daerah tadah hujan. Sehingga kalau musim kemarau datang, biasanya tidak ditanami. Jika ditanami palawija, juga tidak dapat hidup. Kemarin, saya mendapatkan satu truk dengan harga Rp100 ribu,” ujarnya.

Tanah yang dijual ini digunakan untuk membuang genteng. Pemilik usaha pembuatan genteng di desa Jetis, Sunarto mengungkapkan saat musim kemarau banyak petani yang menjual tanah galian sawah mereka.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42