Logo kotaperwira.com

Kelompok Prio Utomo "Pria Wijaya" Purbalingga Luar Biasa

Purbalingga – Luar biasa, itulah penilaian tim penilai pemilihan kelompok KB pria Prio Utomo tingkat provinsi Jawa Tengah terhadap kelompok Pria Wijaya desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Pasalnya kelompok yang baru terbentuk empat bulan lalu, sudah dapat mewakili Purbalingga masuk 6 besar tingkat provinsi Jateng. Kelompok pimpinan Ahya Suparto dinilai tim provinsi Jateng pada Sabtu (21/5).

“Luar biasa. Kenapa? kelompok ini kan baru berusia 4 bulan karena dibentuk Januari. Tapi setelah kita lihat kiprahnya, memang luar biasa. Mudah-mudahan 1-2 tahun kedepan lebih luar biasa,” ungkap anggota tim penilai dari BKKBN prov Jateng Sri Suprapti SE. Tim penilai terdiri 3 orang yakni Drs Abraham Rizki dan Sri Suprapti SE dari BKKBN Jateng serta Dra Purwaningsih dari BP3AKB Jateng.

Dia menilai dari segi kegiatan dan administrasi telah memadai. Namun masih perlu pembenahan lebih lanjut menyangkut data dan pembukuan. Ia meminta kelompok yang beranggotakan 18 peserta KB pria ini mendokumentasikan kegiatan kelompoknya secara lebih terkoordinasi. Termasuk adanya pameran produk yang dihasilkan kelompok.

Hal serupa disampaikan Wakil Bupati Purbalingga Drs H Sukento Rido Marhaendrianto MM. Menurut wabup kelompok Pria Wijaya merupakan juara pemilihan kelompok Prio Utomo tingkat kabupaten Purbalingga. Kelompok ini menjadi yang terbaik dari 21 kelompok yang ada di wilayah kabupaten Purbalingga.

“Semangat bapak-bapak di Kutabawa menjadi peserta KB pria perlu menjadi contoh daerah lainnya. Dari mereka diharapkan dapat mendorong bertumbuhnya program KB di Purbalingga,” katanya.

Ketua Kelompok Pria Wijaya menuturkan kelompok yang dibentuk 3 januari 2011 memiliki anggota 18 orang. Menurutnya, hingga April 2011, di desanya telah ada 34 peserta Metode Kontrasepsi Pria (MOP). Sedangkan kepesertaan KB wanita mencapai 1.191 orang dari jumlah PUS 1.480. Perinciannya peserta IUD 292, MOW 75, MOP 34, Implan 110 dan Suntik 548. Metode kontrasepsi lainya yakni suntik 151 dan Kondom 15 peserta.

“Insya Alloh Pak, 29 Mei nanti kami akan tambah peserta MOP 5 orang. Sebenarnya ada 11 orang yang mendaftar. Namun baru 5 yang sudah siap,” tambahnya.

Dalam kegiatannya kelompok ini mengembangkan kegiatan ekonomi produktif berupa pertanian sayur mayur dan ternak kambing.

Purbalinggakab

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42