Logo kotaperwira.com

Kebakaran di Gunung Slamet Ludeskan 5 Hektar Hutan Lindung

Purbalingga – Kebakaran hutan di Gunung Slamet meludeskan 5 hektare (ha) hutan lindung yang termasuk kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karangsari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Moga, KPH Pekalongan Barat.

Humas KPH Pekalongan Barat Akhmad Ramdhan mengungkapkan kebakaran hutan lindung tersebut diperkirakan dari percikan api unggun oleh para pendaki yang naik melalui Pos Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

“Api sudah dipadamkan oleh 25 orang personel yang naik ke Gunung Slamet sejak Minggu (21/8) pagi. Dan pada Senin (22/8) telah dilakukan pengecekan dan api berhasil padam. Secara keseluruhan luasan yang terbakar mencapai 5 ha, ” kata Akhmad yang dihubungi dari Purbalingga, Senin (22/8).

Menurutnya, hutan lindung yang terbakar berada pada petak 44 yang termasuk wilayah RPH Karangsari.

“Kami masih terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar api tidak lagi menyala dengan menempatkan sejumlah petugas, ” tambahnya.

Secara terpisah, Koordinator Search and Rescue (SAR) Desa Kutabawa, Slamet, mengungkapkan kalau tim SAR telah turun karena api sudah mulai dapat dikendalikan. “Kemungkinannya api berasal dari percikan api unggun yang dibuat oleh para pendaki. Namun itu baru perkiraan saja. Sebab, pada peringatan 17 Agustus lalu, banyak pendaki yang naik ke Gunung Slamet, ” kata Slamet.

Tags: , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42