Logo kotaperwira.com

Kayaker Top Eropa Incar Sungai Gunung di Purbalingga

Purbalingga – Pontensi sungai-sungai gunung (creek) di Purbalingga dan sekitarnya menarik perhatian seorang kayaker terkemuka di dunia. Andraz Krpic, salah seorang kayaker top Eropa asal Slovenia akan mengunjungi Purbalingga khusus untuk mengeksplorasi dan menjelajahi sungai-sungai gunung yang terdapat di wilayah tersebut.

Andraz yang juga Presiden Asosiasi Freestyle Kayaying Slovenia itu merupakan pemegang gelar juara nasional freestyle kayaying di negeri itu secara berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir, termasuk tahun 2010. Tak hanya berkecimpung dalam berbagai kejuaraan extreme kayaying di Eropa. Kayaker berusia 27 tahun itu juga merupakan seorang foto model sekaligus sales manajer sebuah perusahaan peralatan kayak arus deras terkemuka Eropa, Duemstuff.

“Kami senang bila kayaker sekaliber Andraz mau berkunjung ke Purbalingga,” tutur Direktur Sekolah Kayak Tirtaseta Purbalingga, Toto Triwidarto di Purbalingga, Minggu (30/1). Sekolah Kayak Tirtaseta akan menjadi tuan rumah selama Andraz Krpic berada di Purbalingga. Tirtaseta bekerjasama dan didukung oleh Pemda Purbalingga dan Pemda Kabupaten Banyumas.

Selama sebulan, Andraz bersama para instruktur Sekolah Kayak Tirtaseta akan melakukan berbagai kegiatan di Purbalingga dan sekitarnya. “Andraz Krpic tertarik datang karena dia menilai Purbalingga memiliki potensi creek yang unik dan berkelas. Selain itu, Purbalingga juga dinilai memiliki iklim kondusif sebagai tempat untuk belajar kayak arus deras.

“Karena itu, dia juga akan membantu mendorong pertumbuhan kayak arus deras Indonesia dari kota ini,” ujar pemegang sertifikat internasional kayaking dari berbagai negara itu.

Agenda

Selain mengarungi sungai-sungai gunung di wilayah Purbalingga dan Purwokerto, Andraz Krpic, juga akan melakukan workshop bersama para instruktur Sekolah Kayak Tirtaseta. Workshop tersebut merupakan latihan bersama untuk menyetarakan standar pengajaran dan kurikulum dalam kegiatan pendidikan di bidang kayak arus deras sesuai dengan standar yang berlaku di Eropa.

“Selama di Purbalingga nanti juga dijadwalkan presentasi dan demonstrasi kayaking ke berbagai sekolah di Purbalingga,” tambah Toto.

Dari hasil kunjungannya di Purbalingga, Andraz Krpic akan mempromosikan Purbalingga dan Purwokerto sebagai daerah tujuan wisata khusus kayaking bagi wisatawan kayaking di Eropa. Karena itu dia juga akan membuat film promosi tentang wisata kayaking dan keunikan budaya Banyumas. “Film tersebut akan ditayangkan di stasiun televisi Slovenia,” kata Toto.

Pada akhir kegiatan diharapkan dilakukan penandatangan MoU antara antara Sekolah Kayak Tirtaseta dan Andraz Kripic sebagai perwakilan Duemstuff, untuk menjalin kerjasama jangka panjang di bidang pendidikan, olahraga, dan pariwisata kayak arus deras.

Sumber : Griya Wisata

Tags: , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42