Logo kotaperwira.com

Kasus Kebakaran di Purbalingga Meningkat

PURBALINGGA – Peristiwa kebakaran pada musim kemarau tahun ini di Kabupaten Purbalingga cenderung tinggi dibanding musim lalu. Koordinator Lapangan Damkar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Supriyono mencatat Januari-September 2012 terdapat 29 kejadian dengan total kerugian sekitar 800 juta.

Jumlah peristiwa itu lebih tinggi dibandingkan kejadian kebakaran pada 2011 yang hanya tercatat 26 kejadian. Lokasi kebakaran di wilayah Kecamatan Bobotsari, Bojong, Bukateja, Kemangkon dan Kalimanah.

Dikatakan Supriyono, ada beberapa indikator yang menjadi penyebab peristiwa kebakaran. Diantaranya, listrik rumah dan tungku. “Sebagian besar karena faktor kelalaian warga, seperti ketika memasak menggunakan tungku, bekas bara apinya tidak disiram,” ujar dia.

Staf Damkar BPBD, Yudi juga mengemukakan, di Purbalingga masih banyak terdapat warga yang menggunakan tungku, meski sudah memiki kompor gas.

“Berdasarkan catatan kami, sebagian besar kebakaran berasal dari tungku. Kemarau ini mempercepat proses kebakaran,” katanya.

Tingginya peristiwa kebakaran tahun ini, Damkar BPBD mengharapkan masyarakat makin waspada terhadap bencana kebakaran. “Kami harap warga makin berhati-hati pada penggunaan peralatan yang menggunakan api dan arus pendek, teran Supriyono.

Dia menambahkan, warga diminta segera menghubungi tim pemadam kebakaran jika ada terjadi kebakaran. “Kami berusaha selalu cepat dan tanggap ketika menerima laporan untuk mengendalikan si jago merah,” imbuhnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42