Logo kotaperwira.com

Jembatan Linggamas Digelontor 16,7 Miliar, Lelang Mei-Juni

PURWOKERTO – Proyek Jembatan Linggamas tahap pertama segera dimulai. Proyek itu mendapat anggaran dari Pemkab Purbalingga dan Banyumas dengan toal Rp 16,7 miliar. Adapun lelang akan digelar antara Mei sampai Juni.

Pemerintah Kabupaten Banyumas mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,4 miliar. Adapun Pemkab Purbalingga mengalokasikan Rp 9,3 miliar.

Menurut Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Banyumas Ahmad Tofik, anggaran tersebut akan dipakai membangun satu pilar jembatan, serta fondasi. “Selain itu juga untuk menguruk lahan, yang akan dipakai sebagai jalan penghubung badan jembatan,” kata dia, Kamis (10/5).

Ia mengatakan pembangunan pilar, fondasi, serta oprit jembatan merupakan ditargetkan selesai tahun ini. Bila proses pelelangan berjalan lancar, awal Juni mendatang, pembangunan jembatan sudah bisa dilakukan.

“Pembangunannya diperkirakan memakan waktu sekitar enam bulan atau 180 hari,” ucapnya.

Jika alokasi anggaran berjalan sesuai yang diharapkan, pembangunan jembatan hanya membutuhkan dua tahap, hingga siap digunakan. “Kami saat ini masih fokus menyelesaikan pembangunan jembatan, jika sudah selesai jalan akses menuju jembatan juga akan segera dilebarkan,” tambahnya.

Lelang Bersama

Sekda Banyumas Ir Mayangkoro mengatakan, proses lelang dilakukan sekitar 10 Mei sampai 10 Juni mendatang. “Lelang sudah siap dilaksanakan, dan dilakukan bersama dengan anggaran yang dari Purbalingga,” katanya.

Dia juga menyebutkan, anggaran dari Purbalingga untuk tahap pertama sekitar Rp 9,3 miliar. Diharapkan, Juni sudah dilelang dan tahap pertama bisa dikerjakan.

Bupati Banyumas, Mardjoko sebelumnya memerintahkan agar lelang proyek Linggamas dilakukan bersama. “Anggarannya memang sendiri-sendiri dari Purbalingga dan Banyumas. Tapi lelangnya bersama saja, biar mudah dan kompak,” katanya saat dikonfirmasi.

Seperti diketahui, proyek pembangunan jembatan sepanjang lebih kurang 140 meter dan lebar 9 meter ini, akan ditanggung dua kabupaten, Banyumas dan Purbalingga.

Biaya total pembangunan jembatan yang melintasi Sungai Klawing diperkirakan mencapai Rp 45 miliar.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42