Logo kotaperwira.com

Jelang Penilaian I Adipura, Masih Ada Kantor Gersang dan Kurang Rapi

Purbalingga – Menjelang penilaian pertama (P1) Adipura yang dijadwalkan pada Kamis (17/11), sejumlah kantor instansi pemerintah ternyata masih ada yang terlihat gersang dan kurang rapi. Suasana halaman belum rimbun dan tidak tersedia tempat sampah. Namun, sejumlah kantor lain sudah siap dan terkesan rapi dan rimbun.

Pantauan Plt Sekda Purbalingga Imam Subijakto, S.Sos, M.Si, Senin (14/11) bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir Sigit Subroto, MT, Kepala kantor Lingkungan Hidup Drs Ichda Masrainto, M.Kes, dan Kabag Humas Setda Drs Rusmo Purnomo, Kasubag Analisis & Kemitraan Media Bagian Humas Ir Prayitno, M.Si menjumpai suasana kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) yang masih kurang rimbun. Di sejumlah tempat bahkan tidak tersedia tempat sampah. Tanaman di teras justru di potong dan tempat sampah malah tersimpan di gudang.

“Tolong halaman di kantor ini (Dinsosnakertrans) agar ditambahi pot-pot biar terlihat rimbun. Tempat sampah juga dipasang lagi, jangan pake tempat sampah dari keranjang bambu. Masak kantor besar kok tempat sampahnya jelek,” kata Imam Subijakto memerintahkan kepada salah seorang Kepala Bidang, Tukimin SH.

Imam tak melewatkan kesempatan melakukan pengecekan dengan memasuki lorong-lorong ruangan dan toilet. “Toilet jangan sampai kotor. Kasih pembersih biar wangi,” ujarnya lagi.

Selain Dinsosnakertran, Imam juga menjumpai kebersihan lingkungan yang masih kurang. Di Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakan), dijumpai rumput yang masih tumbuh tinggi di halaman kantor dan pasar ikan. “Tolong, rumput agar dipotong dengan mesin pemotong rumput,” perintah Imam Subijakto kepada Sekretaris Dinnakan Ir Sediyono.

Ketika berada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil), Imam Subijakto menjumpai ada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di halaman kantor. Imam memerintahkan agar pedagang di luar kantor dan rapi. Selain itu, Imam menjumpai warga masyarakat yang sedang mengantri pembuatan Kartu Keluarga terlihat berjongkok dan duduk di lantai. Ruangan tunggu terasa kurang lebar sehingga terkesan sumpek.

Di SD Kembaran Kulon, Imam Subijakto menjumpai suasana yang bersih dan rapi. Kesadaran anak-anak untuk membersihkan ruangan dan lingkungannya sudah tertanam dengan baik. Tempat sampah juga sudah terpilah antara sampah kering dan basah. Begitu pula di Puskesmas Kota Purbalingga, kebersihannya sudah cukup baik.

Imam Subijakto memuji sejumlah kantor yang sangat peduli dan memperhatikan lingkungannya. Imam bahkan terkagum dengan penghijauan di Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Badan Pemberdayaan Masyarakat & Desa, serta Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP). Di halaman BKBPP, halaman belakangan ditanami berbagai tanaman sayuran seperti pare, terung, tomat, cabe dan tanaman kacang-kacangan. “Selain suasananya menjadi segar, pemanfaatan halaman patut dicontoh kantor lain,” kata Imam subijakto.

Pantauan Imam Subijakto berakhir di Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Di DPU, Imam menilai kantor yang besar tapi tidak memiliki ruang rapat yang bagus. Imam berjanjikan akan mengusulkan anggaran untuk pembenahan ruang rapat termasuk peralatan meja kursi yang bagus. “Masak ruang rapat kepala dinas kok kursinya plastik. Menurut saya sangat memprihatinkan,” kata Imam Subijakto.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42