Logo kotaperwira.com

Jelang Penilaian Adipura, Dibentuk Tim Koordinasi Pemantauan Adipura

Purbalingga – Menjelang penilaian tahap pertama (P1) Adipura, Bupati Purbalingga membentuk tim koordinasi pemantauan Adipura. Tim ini dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati sebagai penanggung jawab umum.

Hal ini terungkap pada rapat persiapan pembahasan RAPBD 2012 dan Sukses Adipura 2011/2012 di Operation Room Graha Adiguna komplek Setda Purbalingga, Rabu (2/11).

Dalam rancangan itu, tugas pemantauan kegiatan persiapan penilaian Adipura akan dikordinasikan oleh tiga Asisten Sekda. “Nanti ada tim yang akan melihat ke lingkungan perkantoran dan sekolah, kemudian ke pemukiman dan fasilitas umum yang ada di seluruh wilayah kota Purbalingga. Koordinatornya masing-masing Asisten Sekda,” kata Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si, didampingi Wabup Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM dan Plt Sekda Imam Subijakto S.Sos M.Si.

Dijelaskan Bupati, tugas Asisten 1 adalah mengkordinasikan ketertiban umum dalam kota, termasuk pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT) serta pedagang kaki lima (PKL). Tugas lainnya adalah mengkordinasikan keindahan, kebersihan, keteduhan dan pengelolaan sampah dalam lingkungan pemukiman, drainase dan sungai di perkotaan.

Kemudian Asisten 2 diberikan tugas mengkordinasikan keindahan, kebersihan, keteduhan dan pengelolaan sampah pasar, terminal, jalan, taman kota, hutan kota, taman makam pahlawan (TMP), stadion Goentoer Darjono dan areal batas kota.

Sedangkan Asisten 3, mengkordinasikan keindahan, kebersihan dan keteduhan lingkungan sekolah, perkantoran, SKPD, pemda dan satuan kerja vertikal, termasuk sarana prasarana kesehatan.

Secara khsusus Bupati menugaskan Kepala Dinas Pendidikan Heny Ruslanto SE, untuk mengkordinasikan kegiatan kebersihan hingga ke sekolah-sekolah. Kemudian Kepala Dinas Kesehatan dr Dyah Retnani Basuki M.Kes hingga ke rumah sakit dan puskesmas. “Pak Nonot khusus kegiatan di RSUD dr Goeteng Tarunadibrata dan Bu Lily (Kepala Dinpertanhut) tolong disiapkan bibit tanaman untuk penghijauan,” tambah Bupati.

Bupati menginginkan seluruh pinggiran jalan kabupaten baik di dalam kota maupun yang diluar kota segera bisa dirimbunkan. Dia menugaskan camat untuk memetakan jalan-jalan kabupaten diluar kota yang belum ada tanamanya atau tanamanya masih masih jarang. “Saya kira yang paling pas untuk jalan di dalam kota adalah pohon Glodogan biasa (bukan glodogan pecut). Dan yang diluar kota ditanami Mahoni. Ini mementum kita untuk menanam, karena baru awal musim hujan,” katanya.

Mulai Action

Bupati Heru Sudjatmoko bersama Wabup Sukento, rencananya akan mulai melakukan pembenahan pasar Segamas. “Jumat (3/11) pagi, saya bersama pak Wabup akan melihat pasar Segamas. Kita coba mulai membenahi kondisi pasar. Bagaimana didalam pasar dan di luar pasar,” katanya.

Menurut Bupati, keberadaan sebuah pasar harus dilihat dari beberapa aspek. Tidak hanya dilihat sebagai sumber retribusi. Juga harus diupayakan agar penjual dan pembeli merasa nyaman, tertib dan aman.

Agenda lainnya yang tak kalah penting adalah membenahi lingkungan kantor masing-masing SKPD. Kantor sendiri, ujar Bupati, harus dicek lagi dan segera dibersihkan, dicat dan ditata. Yang didalam kantor juga mesti diberesi. Termasuk di Setda. Jangan sampai saya sudah ngomong begini malah ditempat sendiri masih belum baik,” tandasnya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42