Logo kotaperwira.com

Jelang Panen Raya Petani Jeruk Desa Karangcengis Ronda di Kebun

PURBALINGGA – Dua bulan lagi, para petani jeruk di Desa Karangcengis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga akan memasuki panen raya. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyelamatkan “hartanya” tetap utuh hingga panen.

Menjelang panen, hal yang sering terjadi adalah hilangnya buah jeruk dari tangkai. Bukan karena dimakan binatang atau hama, namun diambil orang-orang bertangan panjang.

“Biasanya masa-masa rawan bulan Juni, Juli, dan Agustus. Banyak pencuri yang mengambil jeruk untuk dijual,” kata salah seorang petani, Juri, Minggu siang (17/6).

Pada bulan itu, jeruk sudah bisa dipetik dan dinikmati, meski rasanya belum manis benar. Untuk menyelamatkan jeruk-jeruk dari pencuri, sejak awal bulan mereka sudah siap sedia. Ronda di kebun hingga dini hari.

Mulai Ronda Selepas Maghrib

Biasanya mereka sudah siap dari rumah selepas maghrib dengan membawa peralatan ronda, yakni lampu senter dan pakaian hangat untuk menepis udara dingin.

Sesampai di kebun mereka berkeliling dari satu pojok ke pojok lain. Mereka baru beranjak pulang ke rumah ketika jam sudah menunjukkan angka 03.00

“Tadi (kemarin) malam saya ronda sampai jam tiga pagi,” kata pemuda kelahiran Bukateja 30 tahun lalu tersebut.

Memang mereka ronda tidak sampai pagi, sebab sekitar pukul 03.00 embun sudah mulai turun. Menurutnya, embun yang menempel pada buah berpengaruh pada kualitas buah pula. Ketika dipetik dimana embun masih menempel, tidak akan memiliki rasa manis.

“Makanya jika pencuri nekat mengambil buah di atas jam tiga pagi, tidak akan laku dijual karena rasanya tidak manis,” imbuhnya.

Panen raya mendatang harga buah jeruk di Pasar Bukateja bisa mencapai Rp 10.000 per kilogram, sedangkan dari tangan petani biasanya ada yang beli dengan metode tebas per pohon, ada pula yang dengan metode langsung petik per kilogram.

Di Desa Karangcengis, Kecamatan Bukateja paling tidak ada 200 orang yang menanam jeruk. Rata-rata tiap petani memiliki sekitar 350 pohon yang tiap pohon dapat berbuah hingga 15 kilogram.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42