Logo kotaperwira.com

Jaminan Keselamatan Kerja di Purbalingga Masih Minim

PURBALINGGA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai, jaminan keselamatan kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja masih minim.

Ketua Apindo Purbalingga, Saryono mengakui, hingga saat ini masih banyak pengusaha yang belum sepenuhya memperhatikan kesejahteraan tenaga kerja di perusahaannya, utamanya dari segi jaminan keselamatan kerja. “Masih banyak,” katanya saat dihubungi melalui ponsel, Kamis (19/1).

Seperti diketahui, pada 2011, sebanyak 16.350 pekerja dari total 36.397 pekerja di 141 perusahaan di Kabupaten Purbalingga belum diikutkan program Jamsostek. Padahal program tersebut wajib ditaati oleh perusahaan.

Menurut Saryono, salah satu faktor yang menyebabkan masih banyaknya pekerja yang belum didaftarkan Jamsostek oleh perusahaan adalah perusahaan itu masih mempertimbangkan masa jam kerja pekerja, sehingga kewajiban terhadap karyawan dinomorduakan. “Seharusnya perusahaan memberikan kesejahteraan pada para pekerja,” katanya.

Terpisah, Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Purbalingga, Tukimin SH mengatakan, adanya perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya pada program Jamsostek salah satu faktornya adalah fluktuasi jumlah karyawan. “Karyawan sering pindah dari perusahaan satu ke perusahaan lain,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Jamsostek Cabang Purwokerto, Aris Daryanto menilai kesadaran perusahaan untuk mengikutsertakan karyawannya pada program Jamsostek masih rendah. Ia menegaskan bahwa setiap karyawan wajib mendapatkan perlindungan, baik karyawan tetap maupun yang masih magang.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42