Logo kotaperwira.com

Jamaah Calon Haji Purbalingga 2011 Dodominasi Lansia

Purbalingga – Seperti tahun-tahun sebelumnya, jamaah calon haji asal Purbalingga masih didominasi mereka yang berusia di atas 61 tahun atau biasa disebut lanjut usia (lansia). Sebagian besar dari lansia ini tercatat sebagai pensiunan yang menabung pada sebuah bank milik pemerintah.

Dalam laporannya, H Soenaryo SAg MPd selaku perwakilan Kementrian Agama Kankab Purbalingga menyampaikan, jamaah calon haji lansia mencapai 221 orang dari total 479 jamaah haji asal Purbalingga. Dari 221 jamaah ini, 186 diantaranya usia antara 61-70 tahun.

“Pensiunan masih mendominasi dibandingkan pekerjaan lainnya, yaitu sebanyak 165 orang. Selanjutnya disusul PNS sebanyak 89 orang, pedagang sebanyak 67 orang dan petani sebanyak 62 orang, sisanya pekerja swasta, ibu rumah tangga, BUMD/BUMJN, TNI/Polri dan mahasiswa,” imbuhnya saat menyampaikan laporan dalam Pembukaan Bimbingan Manasik Haji di Graha Sarwa Guna, Kamis (23/6).

Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko MSi dalam sambutan yang dibacakan Sekda Purbalingga Drs H Subeno MM mengharapkan para jamaah calon haji untuk mempersiapkan kesehatan fisik, psikis, ilmu pengetahuan dan selurtuh energi yang dibutuhkan seperti keuangan, dll.

“Ibadah haji ini ibadah fisik. Tolong persiapkan fisik agar tetap sehat. Jangan sampai ibadah terganggu karena sakit. Psikis juga disiapkan, jangan sampai ibadah terganggu karena masih banyak beban yang tertinggal. Dan perbanyak ilmu pengetahuan terutama tentang berhaji, sehingga waktu, tenaga dan uang kita tidak sia-sia hanya karena kita tidak memenuhi rukun karena minimnya ilmu,” paparnya.

Menurut Soenaryo, jamaah calon haji Purbalingga akan memperoleh bimbingan manasik haji sebanyak 4 kali yang diselenggarakan Kementrian Agama dan 11 kali yang diselenggarakan KUA sesuai kecamatan asal jamaah. Pada tanggal 27 dan 28 Juli, jamaah calon haji asal Purbalingga juga diwajibkan membuat paspor internasional di Kantor Imigrasi Cilacap.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42