Logo kotaperwira.com

Jalur Mangunegara Rawan Macet, Jalan Bergelombang dan Minim Rambu

MREBET – Jalan bergelombang sepanjang Jalan Mangunegara Kecamatan Mrebet dinilai kerap menimbulkan kemacetan. Apalagi di jalan antara Kantor Kecamatan Mrebet hingga Jembatan Gandasuli Bobotsari. Ini cukup mengkhawatirkan mengingat jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang selalu padat dilalui bus-bus antarkota, serta truk-truk bermuatan besar.

Berdasarkan pantauan Radarmas, jalan sepanjang 3 km di Mangunegara tersebut memang merupakan jalur utama di bagian utara Purbalingga. Terutama untuk kendaraan-kendaraan besar tujuan Pemalang. Dan masih sangat minim rambu di sepanjang jalan tersebut.

Camat Mrebet, Bambang Widjanarko membenarkan perihal jalan bergelombang tersebut. Menurutnya, kondisi tanah di jalan tersebut menjadi faktor utama yang menyebabkan jalan bergelombang. Di samping itu, faktor padatnya arus lalu lintas menjadi faktor lain terjadinya hal tersebut.

“Yang saya tahu kondisi tanah di sepanjang jalan tersebut memang tidak begitu padat. Itu membuat jalan tetap bergelombang meskipun telah diperbaiki,” jelasnya.

Bambang juga menuturkan, sudah sering ada perbaikan dari pihak Bina Marga karena itu merupakan jalan provinsi. Namun, masih tetap menyisakan jalan-jalan yang bergelombang.

“Saat ini belum ada pengajuan perbaikan dari pihak kecamatan. Tapi biasanya walaupun tidak ada pengajuan, perbaikan sudah berjalan tanpa ada pemberitahuan ke pihak kecamatan. Hal itu karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi sehingga jika ada kerusakan akan langsung ditangani oleh UPT DPU Mrebet,” jelasnya.

Bambang mengimbau warga setempat, khususnya pengendara sepeda motor untuk berhati-hati di kawasan tersebut karena banyak bus-bus dan truk yang juga melintas. Menurut pengamatannya, sejauh ini kebanyakan kasus kecelakaan di daerah tersebut adalah kecelakaan tunggal.

Selain itu, upaya pelebaran dua buah jembatan di jalur tersebut juga dikhawatirkan akan menambah potensi kemacetan saat tiba musim mudik lebaran nanti. Saat ini di jembatan Selaganggeng dan jembatan Mangunegara sedang dilakukan pelebaran jembatan oleh DPU Purbalingga untuk memperlancar arus mudik mendatang.

Menurut salah satu pekerja di jembatan Selaganggeng, Yudi (37), pekerjaan tersebut diperkirakan akan selesai sekitar satu minggu sebelum Lebaran. “Karena harus menunggu cor-coran jembatan benar-benar kering dulu sebelum dilakukan pengaspalan dan dapat digunakan,” jelasnya. Sumber: Radar Banyumas.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42