Logo kotaperwira.com

Industri Garmen Losari Rembang Berkembang Pesat

Purbalingga – Industri garmen di Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, berkembang pesat karena telah menembus pasar luar Jawa.

Informasi yang dihimpun ANTARA di Desa Losari, Senin, warga setempat mulai menggeluti industri garmen sejak tahun 2007 karena hasilnya lebih menjanjikan daripada bertani. Produksi garmen yang dihasilkan Desa Losari, antara lain kain kelambu, sprei, dan gorden dipasarkan ke Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat.

Salah seorang pengusaha garmen, Indra Puspitasari mengatakan, usaha yang telah digeluti selama empat tahun ini mampu mempekerjakan 15 karyawan. “Saya mendatangkan bahan baku dari Bandung dan setiap hari mampu menghasilkan 100 potong yang terdiri berbagai jenis garmen,” katanya. Dia mengatakan, setiap bulan mampu mengirimkan 1.000-3.000 potong garmen ke pasar di luar Jawa dengan omzet rata-rata Rp20 juta.

Kendati demikian, dia mengaku, mengalami kendala permodalan untuk mengembangkan usahanya. “Permintaan dari daerah lain mengalami peningkatan. Padahal alat produksi yang saya miliki masih minim sehingga belum bisa memenuhi pesanan dalam jumlah besar,” katanya.

Terkait hal itu, kata dia, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Purbalingga memberikan dukungan dalam pengembangan industri garmen di Desa Losari. Dalam hal ini, dia mengharapkan, adanya bantuan permodalan dengan bunga rendah agar industri garmen dapat lebih berkembang sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sumber: BNI Securities

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42