Logo kotaperwira.com

Impor Ikan Seharusnya Dibatasi

Purbalingga – Ikan impor yang masuk ke Indonesia sedianya bisa dibatasi. Hal tersebut sebagai upaya melindungi petani ikan dan nelayan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Ir Subagyo MM saat di acara Pencanangan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan (Gemari) di Gedung Kembar UPT Budidaya Ikan Air Tawar Kutasari, Selasa (19/4).

Dikatakan, impor ikan yang masuk ke Jawa Tengah sebaiknya ikan yang tidak dibudidayakan oleh petani. Misalnya, ikan salmon. Ikan jenis ini tidak ada di perairan Indonesia, sehingga tidak mempengaruhi harga pasar ikan Indonesia. “Tapi kalau yang diimpor adalah ikan tongkol, bandeng dan bawal, dapat merugikan petani ikan dan nelayan,” ujarnya.

Untuk mendongkrak hasil produksi perikanan lokal, masyarakat juga diminta mengkonsumsi ikan air tawar. Konsumsi ikan di Purbalingga cenderung relatif lebih baik daripada rata-rata konsumsi ikan di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, meski jauh di bawah rata-rata nasional.

Tingkat konsumsi ikan di Purbalingga mencapai 17,6 kg/kapita/tahun, sedangkan rata-rata konsumsi ikan di Jawa Tengah hanya mencapai 16kg/kapita/tahun dan nasional mencapai 30kg/kapita/tahun. Jumlah konsumsi ikan rata-rata di Indonesia masih kalah jauh dengan negara-negara lain seperti Thailand dan Malaysia.

“Konsumsi ikan di Jateng masih sangat rendah. Ini sangat ironis mengingat Indonesia itu negara perairan sekaligus kaya jenis ikan pembudidayaan,” terangnya.

Subagyo berharap, kegiatan pencanangan gemari di Purbalingga tidak hanya sebatas seremonial, tapi harus mampu membudayakan kegemaran makan ikan bagi masyarakat, khususnya anak-anak untuk meningkatkan kecerdasannya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Heru Sudjatmiko meminta masyarakat Purbalingga untuk membiasakan makan ikan air tawar, karena memiliki kandungan gizi yang besar yang dapat menyehatkan tubuh serta menderdaskan anak.

Sumber : Suara Merdeka

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42