Logo kotaperwira.com

Ikuti Rekam Data E-KTP, Buruh Keluhkan Pemotongan Upah

PURBALINGGA – Sejumlah pekerja pabrik mengeluh upah mereka dipotong separo karena mengikuti perekaman data E-KTP di kecamatan. Padahal sebagian di antara mereka sudah mengantungi surat pengantar untuk ijin tidak masuk setengah hari.

“Saya harus segera kembali ke pabrik begitu urusan di kecamatan selesai. Sayang kalau upah saya yang biasanya terima Rp 60.000 dipotong menjadi Rp 32.000 karena ijin setengah hari. Karena itu kami berharap ada perhatian dari pemerintah,” ujar Ningsih, pekerja pabrik, Jumat (16/3).

Para buruh itu memenuhi undangan perekaman data E-KTP. Mereka harus antre menunggu giliran untuk difoto, diambil sidik jarinya, dan dipindai iris matanya. Jika tidak datang sesuai dengan jadwal undangan maka mereka harus menunggu beberapa bulan lagi untuk perekaman data.

Menanggapi permasalahan itu, Bupati Heru Sudjatmoko meminta kepada semua perusahaan di Purbalingga untuk memberi dispensasi kepada pekerjanya yang ijin karena memenuhi undangan perekaman data E-KTP di kecamatan. Untuk itu Pemkab akan mengirimkan surat resmi.

“Kami minta perusahaan tidak melakukan pemotongan upah pekerja yang ijin melakukan perekaman data pada jam kerja. Saya yakin bisa. Ini hanya belum dikomunikasikan. Perusahaan agar memberi kesempatan pekerja tanpa dipotong upahnya,” katanya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42