Logo kotaperwira.com

Hujan Deras di Karangreja, Tanah Longsor Menimpa Rumah

Karangreja – Hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan Karangreja, Purbalingga Senin (27/3) lalu, mengakibatkan longsor di Desa Gondang RT 5/RW II Kecamatan Karangreja. Akibat kejadian tersebut, satu rumah milik Hisam Suleman (48), warga setempat tertimpa longsoran tanah tersebut.

Akibat kejadian tersebut, pria yang sehari-hari berprofesi sebagai petani tersebut mengalami kerugian sekitar Rp 1 juta, akibat dinding kamar jebol dihantam longsoran tanah.

Dari informasi yang dihimpun Radarmas dari pemilik rumah di lokasi, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.00. Sebelum kejadian, wilayah desa tersebut sempat diguyur hujan deras selama tiga jam, yang terjadi sejak siang hari hingga sore hari.

Akibat hujan deras tersebut, tanah yang berada di atas rumah tersebut menjadi labil, dan akhirnya ikut terbawa arus air, yang diakibatkan oleh derasnya guyuran air hujan. Bagian tanah yang terdapat di atas rumah tersebut, yang terbawa arus air, kemudian longsor menimpa salah satu kamar rumah milik Suleman.

Pemilik rumah yang mengetahui rumahnya tertimpa longsoran tanah langsung panik dan meminta tolong tetangganya. Dengan bantuan dari warga sekitar, pemilik rumah melakukan evakuasi dan membersihkan longoran tanah yang menimpa rumah tersebut.

Menurut keterangan Kapolres Purbalingga AKBP Roy Hardi Siahaan SIK SH MH melalui Kapolsek Karangreja AKP Sukirno, tak ada korban jiwa akibat kejadian tanah longsor yang terjadi di Desa Gondang tersebut. Sebab, saat kejadian kondisi kamar, yang tertimpa longsoran tanah dalam kondisi kosong.

Wilayah Desa Gondang sendiri merupakan daerah yang cukup rawan, terjadi tanah longsor. Hal itu, disebabkan oleh kondisi tanah di desa tersebut yang berbukit-bukit, karena terletak di lereng gunung Slamet. Di wilayah Desa tersebut kerap terjadi tanah longsor, terutama ketika musim penghujan.

Sumber: Radar Banyumas

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42