Logo kotaperwira.com

Hemat BBM, Bupati Purbalingga Geser Anggaran

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Heru Sudjatmoko menegaskan, sewaktu pembahasan perubahan APBD 2012 besok, pemkab tidak akan mengajukan opsi penambahan anggaran operasional kendaraan dinas.

Menghadapi kebijakan pemerintah pusat mengenai pengalihan konsumsi premium ke pertamax pada kendaraan dinas, pemkab hanya akan melakukan pergeseran pos-pos anggaran untuk memenuhi operasional dan penghematan. “Akan ada efisiensi anggaran, tapi bukan dari biaya untuk publik,” kata Bupati Heru ketika ditanya wartawan tentang langkah Purbalingga menghadapi kebijakan dari pemerintah pusat itu.

Sejauh ini, pemkab masih akan merumuskan pos-pos anggaran mana saja yang bisa digasar-geser, untuk memenuhi kebutuhan itu. Di antaranya, di pos anggaran pemeliharaan rutin. “Saya yakin bisa,” tandasnya, optimis.

Bupati Heru optimis kebijakan menggeser anggaran dapat menutup kebutuhan biaya BBM nonsubsidi, tanpa menambah alokasi dana dalam APBD Perubahan. “Saya sudah berhitung secara global, bisa,” tuturnya.

Yang pasti, dia akan segera mengeluarkan surat edaran mengenai penghematan penggunaan BBM nonsubsidi. Menurut dia, langkah penghematan harus dimulai dari jajaran aparat pemerintahan. Bupati Heru juga mengisyaratkan bakal menghitung ulang dan melakukan pengawasan ketat terhadap perjalanan dinas keluar kota. “Kalau cukup satu mobil, tidak harus dua mobil,” tuturnya.

Heru mengaku, sudah mengawali gerakan penghematan penggunaan BBM. Dengan menggunakan mobil dinas yang berkapasitas mesin kecil dan mengurangi penggunaan iring-iringan saat keluar daerah, lantaran dinilai mewah.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42