Logo kotaperwira.com

Hasil UN SMP di Purbalingga, 288 Siswa Tidak Lulus

Purbalingga – Sebanyak 288 siswa SMP dinyatakan tak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2010/ 2011 kemarin. Jumlah itu berasal dari total 13.700 lebih peserta UN. Rencananya hari ini (4/6) akan diumumkan sekolah bersangkutan.

“Siswa yang tak lulus ada beberapa pilihan. Pertama mengikuti Kejar Paket B dan kedua dengan mengulang tahun berikutnya,” jelas Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga sekaligus Ketua Panitia UN Kabupaten, Subeno SE MSi, Jumat (3/6).

Subeno menambahkan, meskipun ratusan tak lulus UN, total kelulusan seluruh siswa SMP mencapai 97,85 persen. Lebih tinggi dari tahun ajaran sebelumnya. Subeno juga mengatakan, kebanyakan siswa tak lulus berasal dari SMP terbuka.

“Tahun ini mekanisme pengumuman kelulusan diserahkan sepenuhnya ke sekolah. Bisa diberikan secara langsung kepada siswa maupun orangtua. Namun bisa juga melalui surat ke alamat atau secara tak langsung,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kedepan, dinas akan semakin memperketat perizinan sekolah terbuka. Sekolah yang akan menyelenggarakan pendidikan terbuka, harus mengantongi izin dari Kepala Dinas Pendidikan. Tanpa izin, tidak diperbolehkan beroperasi.

Saat UN utama juga jumlah mereka mendominasi ketidakhadiran. Alasan yang sama yaitu berada di luar kota karena bekerja dan belum bisa pulang. Kebanyakan sama sekali tak mengikuti UN di semua mata pelajaran.

“Jelas mereka sudah dinyatakan tak lulus UN. Hanya saja masih bisa diusulkan ikut tahun pelajaran berikutnya. Namun perkiraan kami, kondisinya bisa sama saja dengan kejadian ini setiap tahunnya,” tambahnya.

Data yang dihimpun Radarmas, saat ini di Kabupaten Purbalingga terdapat 19 SMP Terbuka. Jumlah itu lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya, yaitu 22 sekolah.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42