Logo kotaperwira.com

Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Empat PNS Bolos

Hasil Sidak Usai Libur Lebaran

PURBALINGGA – Sebanyak 16 pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Purbalingga tidak masuk pada hari pertama masuk kerja seusai libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1433 H, Kamis (23/8). Dari jumlah tersebut, empat orang di antaranya membolos atau tanpa keterangan yang jelas.

Hal itu, ditemukan dari hasil inspeksi mendadak (sidak) tim pemantau yang dibagi sebanyak empat tim. Masing-masing memantau kehadiran PNS di beberapa sampel SKPD. Setidaknya sebanyak 24 satuan kerja dikunjungi para tim pemantau. Setiap tim terdiri dari enam pejabat struktural dari SKPD terkait.

Ketua Tim IV Drs Rusmo Purnomo mengatakan, timnya menemukan setidaknya 16 pegawai yang tidak masuk kerja dari 289 pegawai (PNS dan PTT) di enam SKPD. Rinciannya, dari 16 pegawai, ada empat pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan. Selebihnya karena cuti sebanyak enam orang, sakit empat orang, tugas belajar satu orang dan dinas luar kota satu orang.

Sementara itu untuk data lengkap masih dikelola BKD dan akan dilaporkan dulu kepada Bupati. Rusmo juga mengatakan, para pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan, akan mendapat sanksi sesuai PP 24/1976 tentang Cuti PNS dan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS.

Peringatan Kepada PNS yang mengkir tanpa keterangan juga ditegaskan Bupati Purbalingga melalui Asisten Pemerintahan Pemkab Purbalingga, Kodadiyanto belum lama ini. “Sanksi tegas yang diberikan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan juga Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) nomor 13 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Disiplin PNS, TNI, Polri dalam Rangka Hari Raya Idul Fitri,” paparnya..

Sanksi tegas tergantung tingkat kesalahannya. Misalnya sudah sangat parah bisa ditunda gaji. Namun jika dinilai ringan, bisa peringatan tertulis maupun teguran. Untuk tahun lalu pihaknya tidak menemukan PNS mangkir.

“Kami sudah mengingatkan sejak sebelum cuti bersama. Namun jika tetap saja ada PNS yang membandel dan mangkir kerja tanpa alasan jelas usai melaksanakan cuti ini, kami tidak akan menolerir dan akan memberikan sanksi tegas,” katanya.

Sementara itu, memasuki hari pertama usai cuti, pemkab menggelar makan soto bersama di halaman Pendopo Dipokusumo. Para pegawai dan pejabat pemkab disuguhi soto dan bakso, usai apel bersama. Usai bersalaman, para pegawai langsung menyerbu ke meja saji di halaman Timur pendopo. Tersedia 500 mangkuk bakso, 400 soto Jatisaba dan 400 mangkuk soto Wirasana.

Tags: ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42