Logo kotaperwira.com

Hari Ini PNS Terima Gaji Bulan September

Purbalingga – Mulai Jumat (26/8), puluhan ribu pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran pemkab Purbalingga bisa menikmati gaji bulan September. Pasalnya, pemerintah sudah menetapkan jika gaji September diterimakan lebih awal, yaitu 26 Agustus. Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) kabupaten Purbalingga, C Sumarni menegaskan, kepastian sudah ditetapkan melalui pemerintah pusat dengan peraturan. Yaitu Peraturan Presiden Nomor 52 tahun 2011.

Dalam Perpres itu mengatur penetapan pembayaran gaji PNS, pejabat negara, dan pembayaran pensiunan bulan September. Dalam salah satu pasalnya menyebutkan gaji September dibayarkan pada 26 Agustus 2011 dan Dana Alokasi Umum (DAU) dicairkan 25 Agustus.

“Penyaluran akan dilakukan seperti biasanya. Termasuk di semua satuan kerja dan jajarannya. Saya rasa, semua sudah memahami dan tidak terjadi permasalahan,” ujarnya.

Menurutnya, penyaluran gaji PNS berkaitan dengan DAU yang dibagikan setiap bulan kepada pemkab Purbalingga. Jika dilihat dari jumlah PNS yang kemarin menerima gaji bulan ke 13, berjumlah sekitar 10.200 orang. Masing- masing tersebar di seluruh SKPD.

Sementara data pada Dinas Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Bidang Ketenagaan, jumlah guru PNS se kabupaten Purbalingga hingga tahun 2011 sebanyak 8.687 orang. Jumlah itu sudah termasuk yang menerima tunjangan sertifikasi guru.

Sejumlah PNS di pemkab Purbalingga justru ada yang menanggapi biasa saja perubahan pembagian gaji lebih awal. Justru akan berpengaruh pada kemampuan masing-masing. Ironisnya jika saat ini dibayarkan, bulan September sudah tak ada pemasukan lagi.

“Saya memang tidak bisa menolak. Meskipun setuju saja dengan dimajukannya pembayaran gaji September. Namun rasanya banyak yang nantinya kelabakan saat September, uang sudah menipis. Meskipun itu tergantung masing-masing personalnya,” ungkap Sulistiyono, salah satu PNS pemkab, kemarin. Sementara itu di beberapa wilayah, beredar rumor jika gaji PNS akan dibayarkan lebih awal. Sejumlah PNS di jajaran guru bahkan sempat melakukan forum pertemuan di beberapa kecamatan.

Eni Mulyanti, salah satu PNS lainnya mengaku jika dirinya menurut saja aturan yang ada. Kembali kepada cara mengelolanya. Jika memang diatur dengan baik sesuai prioritas kebutuhan, penggunaan gaji bulan September yang dimajukan, bisa disiasati agar tak boros.

Tags: , , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42