Logo kotaperwira.com

Harga Sayuran di Purbalingga Menurun Drastis

Harga berbagai jenis sayuran di sentra penghasil komoditas tersebut di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menurun drastis.

Data yang dihimpun ANTARA, Senin, daun seledri yang beberapa pekan sebelumnya masih dijual dengan harga Rp7.000 per kilogram, kini hanya Rp1.000/kg.

Selain itu, sawi putih yang sebelumnya mencapai Rp 2.000/kg kini hanya Rp 250/kg dan kubis atau kol dalam beberapa pekan terakhir bertahan pada harga Rp 150/kg dari sebelumnya yang mencapai Rp 5.000/kg.

Bahkan, harga cabai merah besar yang sempat menembus Rp 50 ribu/kg, kini hanya Rp 8.000/kg.

Seorang petani di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Agus (45) mengatakan, anjloknya harga sayuran tersebut disebabkan petani sayuran di wilayah ini sedang memasuki masa panen meskipun pasokannya tidak melimpah.

“Meskipun demikian, masih ada sayuran yang harganya tetap stabil, yakni kentang yang berkisar antara Rp 4.000 – Rp 5.000/kg dan tomat yang bertahan pada Rp 4.000/kg,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Sugito mengatakan, penurunan harga sayuran ini hampir setiap pekan dan terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Menurut dia, hampir semua jenis sayuran yang diproduksi petani di Desa Serang maupun Desa Kutabawa mengalami penurunan harga meskipun produksinya tidak berlebihan.

“Kalau produksinya berlebih, mungkin bisa dimaklumi. Yang terjadi saat ini justru hasil panen sayuran biasa saja, tetapi harganya jauh merosot. Inilah yang membuat kami dan para petani bingung,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan, petani tetap menanam sayuran meskipun harganya turun drastis karena mereka tidak punya pilihan lain.

Sumber : Berita Daerah

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42