Logo kotaperwira.com

Harga Gula Kelapa di Purbalingga Semakin Manis

PURBALINGGA – Para perajin gula kelapa di Kabupaten Purbalingga mereguk keuntungan. Pasalnya harga komoditas ini sedang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam minggu ini. Hingga hari ini (23/5), mencapai angka Rp 12 ribu dari tangan perajin ke pengepul.

Salah satu perajin gula kelapa asal Desa Bumisari Kecamatan Bojongsari, Slamet mengatakan, kenaikan harga gula tersebut terjadi sejak bulan lalu. Sebelumnya harga gula ini masih di kisaran Rp 9 ribu ke tangan pengepul dan naik menjadi Rp 10 ribu.

“Namun sejak seminggu lalu sudah naik menjadi 12 ribu,” katanya kepada suaramerdeka.com.

Dikatakan, kenaikan harga gula tersebut dikarenakan banyaknya permintaan dari luar kota. Selain itu produksinya yang berkurang akibat musim yang masih hujan sehingga berpengaruh pada sedikitnya air nira yang bisa disadap.

“Sekarang musim badheg (nira) keluar sedikit, berkurang hingga separuh dari biasanya. Biasanya bisa cetak 12 kilogram, sekarang hanya bisa 9 kilogram,” katanya.

Untuk informasi, Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari merupakan salah satu sentra produksi gula jawa di Purbalingga. Separuh lebih warganya berprofesi sebagai pembuat gula jawa. Selain dijual ke pasaran, gula asal desa ini juga dipasok ke beberapa pabrik kecap di Jawa Tengah.

Sementara itu harga gula jawa di eceran lebih tinggi lagi. Dari pengamatan Suara Merdeka di Pasar Segamas Purbalingga, harga komoditi ini mencapai Rp 14 ribu, padahal minggu lalu masih di kisaran Rp 12 ribu.

Senada, salah satu pedagang, Pardi mengatakan, kenaikan harga gula dikarenakan stok yang berkurang. “Dari pemasok harganya sudah tinggi,” katanya.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42