Logo kotaperwira.com

Gulai Melung dan Buntil Carangmanggang Juara III Makanan Khas Jateng

Sate Ambal Juara I, Nasi Megono Juara II

JAKARTA – Salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen yakni sate ambal terpilih sebagai juara I untuk kategori makanan pokok, dalam lomba makanan khas kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang digelar di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta. Sate Ambal dinilai unik dan berbeda termasuk dari bahan dasar bumbu sate yang berbeda dari sate kebanyakan yaitu dari tempe.

“Selain cita rasanya khas, sate ambal memang unik karena bumbunya menggunakan tempe kedelai dan gula jawa sebagai campuran. Ini tentu berbeda dari sambal sate pada umumnya yang memakai kecap atau bumbu kacang tanah, ” ujar Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kebumen Ir Gunadi kepada Suara Merdeka, Senin (23/7).

Penyajiannya sate ambal biasanya dengan ketupat. Penyajian bumbu juga unik yakni tidak ditaburkan di atas sate, melainkan ditempatkan di mangkuk secara terpisah.

Sementara terpilih sebagai juara II ialah megono dan daging capitan yang ditampilkan Kota Pekalongan. Disusul gulai kambing khas Melung dan buntil kutasari dari Kabupaten Purbalingga meraih peringkat III.

“Selain sebagai upaya mengangkat makanan khas daerah agar lebih dikenal, lomba tersebut diharapkan akan menciptakan kreatifitas dalam memanfaatkan potensi pangan di daerah, ” imbuh Gunadi.

Dia melanjutkan, tujuannya lain lomba ialah mencari identitas makanan unggulan dari kabupaten/kota dalam rangka mendukung makanan tersebut sebagai tujuan wisata kuliner, serta sebagai upaya peningkatan kualitas makanan baik dari sisi kemasan, penyajian serta pengolahan.

Sementara itu, juara harapan I dari Kabupaten Jepara yang menampilkan makanan horog-horog, pindang serani serta tengiri daun sentolo. Kabupaten Wonogiri harus puas berada dengan Juara harapan II dengan jenis makanan yang ditampilkan nasi tiwul, botok ikan jambal, oblok puka, tempe mlanding serta sambal cabuk. Sedangkan juara harapan III diraih Kabupaten Pekalongan yang menampilkan megono komplit.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42