Logo kotaperwira.com

Gedung SD 1 Jetis Rusak, Siswa Belajar di Rumah Warga

KEMANGKON – Siswa SD 1 Jetis di Desa Jetis, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, sudah sejak tiga bulan terakhir harus belajar di rumah warga. Pasalnya gedung sekolah tersebut rusak parah.

Kepala SD 1 Jetis, Rohyadi mengatakan, 210 siswa dari kelas I-VI disebar di empat rumah milik warga agar bisa belajar. Siswa kelas IA yang belajar di rumah Purwito, warga RT 15 RW 6. Siswa kelas IB belajar di rumah Suwarto di RT 16 RW 6. Sementara siswa kelas III, IV dan V belajar secara bersama-sama di rumah mantan Kades, Sudaryanto di RT 14 RW 5.

“Kebetulan di rumahnya ada pendapanya. Sehingga ruangan disekat tiga dengan triplek untuk jadi ruang kelas. Kalau siswa kelas VI masih tetap belajar di sekolah, karena ruangan kelasnya masih bisa digunakan,” katanya, Jumat (9/11).

Rohyadi mengatakan untuk mempermudah proses belajar mengajar, meja, kursi serta perlengkapan kelas lainnya ikut dibawa ke rumah warga yang dijadikan ruang kelas sementara, termasuk buku pelajaran.

Namun, ia mengaku bingung untuk menyimpan buku tersebut, sebab, di “kelas baru” tersebut tidak ada lemari penyimpan buku. Selama ini, bila jam pelajaran usai, buku pelajaran hanya ditinggal di meja saja. “Lemari buku yang ada di sekolah juga sudah rusak jadi tak layak untuk digunakan,” tambahnya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat ini, siswa tidak akan belajar lagi di rumah warga. Sebab awal bulan ini sekolahnya akan diperbaiki. Sekolahnya mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan sebesar Rp 347.500.000. “Anak-anak memang terpaksa belajar di rumah warga karena sekolah rusak. Namun rencananya memang akan segera direhab,” kata sejumlah guru.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Purbalingga, Iskak mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan DAK tahun 2012 sebesar 70 persen untuk perbaikan gedung SD 1 Jetis. “Rencananya, 14 Desember selesai (perbaikan). Tinggal yang 30 persen,” katanya melalui pesawat telepon.

Tags: , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42