Logo kotaperwira.com

Gaji PNS di Eks Karesidenan Banyumas Capai Rp 180 Milyar

PurbalinggaKantor Bank Indonesia (KBI) Purwokerto per bulan menyediakan dana sekitar Rp 180 miliar, untuk membayar gaji seluruh PNS di wilayah eks Karesidenan Banyumas.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan KBI Purwokerto Dudi Herawadi kepada Radarmas, ketika ditemui disela-sela kegiatan sosialisasi ciri-ciri keaslian mata uang rupiah, di kantor Kecamatan Bobotsari baru-baru ini. “Dari 500 miliar dana tunai yang disediakan KBI Purwokerto setiap bulan, sekitar Rp 180 miliar diantaranya digunakan untuk membayar gaji PNS di wilayah eks karesidenan Banyumas,” ujarnya.

Namun, ketika disinggung dana sejumlah tersebut untuk membayar gaji PNS sejumlah berapa orang? Dudi tidak bisa membeberkan datanya. “Datanya ada di masing-masing pemerintah kabupaten. Dana tersebut berasal dari APBN untuk membayar gaji PNS,” katanya.

Ditambahkan olehnya sisa dari dana tunai yang ada di KBI Purwokerto, dialokasikan untuk penukaran uang dari masyarakat. “Jumlahnya meningkat saat menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk tahun ini, kami mengalokasikan dana sejumlah Rp 1,9 triliun, untuk penukaran uang dari masyarakat saat lebaran,” lanjutnya.

Jumlah tersebut meningkat sekitar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, KBI hanya menyediakan dana tunai Rp 1,2 triliun untuk melayani penukaran uang dari masyarakat.

Sementara itu, untuk saat ini kalangan perbankan di tanah air menurutnya, semakin ketat dalam setiap transaksi perbankan yang ada. Sebab, saat ini KBI mensinyalir ada modus baru pembuatan rekening, untuk kegiatan terorisme.

Hal tersebut, dapat dibuktikan dengan temuan kalangan perbankan, adanya pembukaan rekening oleh satu orang, yang menggunakan KTP palsu dengan identitas yang berbeda-beda. “Kasus tersebut sudah kami laporkan kepada Polisi. Saat ini sedang ditangani,” lanjutnya.

Tak hanya itu, KBI juga mewaspadai sederet modus kejahatan perbankan yang saat ini marak di masyarakat. Salah satunya adalah uang mutilasi, yang ditemukan di wilayah Jawa Barat, baru-baru ini.

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42