Logo kotaperwira.com

FUI Al Munawaroh : Perkuat Ukuwah Islamiyah Dengan Pengajian Bersama

Purbalingga – Rapuhnya ukuwah diantara umat islam baik di tingkat nasional maupun internasional membuat tantangan terhadap umat islam semakin komplek. Padahal persoalan kemiskinan, kekerasan diantara umat, pergaulan bebas dan munculnya aliran-aliran baru yang sesat dapat diatasi dengan kebersamaan.

Berangkat dari keprihatinan itu, Forum Ukuwah Islamiyah Al Munawaroh melakukan pengajian gabungan bersama Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Al Irsyad, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).

“Rapuhnya ukuwah diantaranya karena kelompok-kelompok umat islam seperti NU, Muhammadiyah, Al Irsyad, LDII dan lain-lainnya cenderung menonjolkan ego kelompok. Sehingga mereka perlu saling ketemu. Tentu harapannya bisa memperkuat ukuwah islamiyah,” kata Ketua FUI Al Munawaroh Drs H Munir saat pengajian gabungan pertama di Pendopo Cahyana Purbalingga, Minggu (8/5).

Menurutnya, Forum Ukuwah Islamiyah Al Munawaroh yang terbentuk 17 April lalu, akan rutin menggelar pengajian bersama. Program utamanya lanjut Munir, berupa pemantapan aqidah, ibadah dan ahlak. Selain itu ikut membantu pemerintah mengatasi kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Wakil Bupati Purbalingga Drs H Sukento Rido Marhaendrianto M.Si sangat mendukung terbentuknya FUI Al Munawaroh. Ia berharap majelis ini bisa menjadi pemersatu agar sumber daya umat islam lebih memiliki kekuatan. Terutama dalam mewujudkan islam yang rahmatan lil’alamin.

Pengajian gabungan di pendopo Cahyana menghadirkan para tokoh dari Nahdatul Ulama Abah Syaeful Anwar Zuhri Rosid yang lebih akrab dipanggil Abah Ipung, Kyai H Imam Munkhasir dan Prof Awaludin. Tokoh lainnya dari Muhammadiyah Drs H Ahmad Kifni dan Ustd. Suhardono dari LDII.

Rencananya pengajian gabungan berikutnya akan dilaksanakan di desa Jetis Kecamatan Kemangkon pada 17 Juli mendatang.

Purbalinggakab

Tags: , , , ,  , abah ipungalamat drs h ahmad kifni

Leave a Reply

close(x)
Pasang Iklan