Logo kotaperwira.com

Film Tentang Bupati Dibedah di StoS Film Festival 2012 Jakarta

PURBALINGGA – Meski mendapat tekanan dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga, film Bupati (Tak Pernah) Ingkar Janji produksi Cinema Lovers Community (CLC) saat diputar di wilayah Purbalingga, justru mendapat perhatian dari South to South (StoS) Film Festival 2012. Hal itu terungkap pada saat diskusi bertema “Menembus Batas: Film sebagai Media Komunikasi ke Publik”, Jumat (24/2) di Kineforum Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

Sutradara film, Bowo Leksono menuturkan, di Purbalingga, film itu baru diputar dua kali. Setelah pemutaran kedua di Desa Kradenan, Kecamatan Mrebet yang nyaris dibubarkan aparat, izin pemutarannya dipersulit. “Pemutaran film ini dianggap akan mempengaruhi opini masyarakat. Rencana roadshow pun gagal,” paparnya.

Dijelaskan, film berdurasi 45 menit itu, rencananya akan diputar bergilir di seluruh wilayah Purbalingga. Namun, hal itu gagal karena tema yang diangkat adalah janji bupati saat berkampanye yang belum terealisasi. Terkait hal itu, Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko, mengatakan, film ini mengisahkan cerminan di daerah lokal mengenai realitas demokrasi Indonesia. Hampir semua tempat di Indonesia pasti mengalami kejadian itu.

“Sulit mengungkap hal itu, tapi potret kali ini benar-benar berhasil mengangkat gambaran nyata demokrasi yang terbingkai janji-janji calon bupati dalam pilkada yang realitanya memang berbeda,” ujarnya.

Dia menambahkan, potongan gambar yang menunjukkan money politic dalam film ini bisa dijadikan barang bukti untuk menggugat bupati.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42