Logo kotaperwira.com

Film Siswa SMP 4 Satu Atap Karangmoncol Dapat Juara di KidsFfest

PURBALINGGA – Siswa SMP 4 Satu Atap Karangmoncol, Purbalingga kembali menorehkan prestasi di kancah perfilman. Film fiksi pendek berjudul “Langka Receh” karya Miftakhatun dan Eka Susilawati berhasil menjadi juara 2 dalam Festifal Film Anak-Anak dan Remaja Internasional (KidsFfest) keempat yang dihelat di Jakarta, 4-6 Mei lalu.

Film tersebut bersaing ketat dengan empat film pendek lain dari Jakarta yaitu “Arestasi” (SMP Madania), “Bully X” (Dito Tunjung, SMP Pembangunan Jaya), “Pengalaman Dibully” (Thalia, SMPN 173 Jakarta) dan “Tidak” (Adrila Putri A) di ajang yang dicetus oleh sineas Nia Dinata.

Film ini menggambarkan realita di lingkungan sekitar berupa ketidakjujuran dalam transaksi jual beli. Melalui film ini, penulis skenario, Eko Susilo ingin mengkritisi penindasan halus yang dilakukan oleh pedagang yang melanggar hak-hak konsumen.

Dikisahkan, tokoh utama bernama Darti yang setiap kali membeli di toko selalu diberi kembalian berupa permem. Padahal ia sama sekali tak menyukai permen. Ia pun selalu protes dengan kembalian itu, namun si penjual selalu menjawab, “Langka Receh!”. Suatu saat, buku tulis Darti hampir habis, dan ia tak punya uang untuk membeli buku baru.

Akhirnya ia membeli buku di toko yang sering ia datangi dengan permen sebagai alat pembayarannya. Terjadi pertengkaran antara Darti dan penjual yang tidak mau menerima uang dalam bentuk permen. Padahal permen tersebut yang dikumpulkan Darti saat diberi pengembalian uang oleh penjual itu.

Guru Seni Rupa SMP 4 Satu Atap Karangmoncol selaku pembimbing mereka, Aris Prasetyo mengatakan, prestasi yang diraih oleh siswanya memang di luar dugaan. Sebab, setelah kepergian Darti (alumni yang mendapat penghargaan khusus Piala Citra 2011), para guru harus berjuang keras mencari penggantinya.

Tags: , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42