Logo kotaperwira.com

Festival Film Purbalingga 2012 Akan Digelar Selama Sebulan

PURBALINGGAFestival Film Purbalingga 2012 kembali digelar. Seperti tahun lalu, FFP akan digelar selama sebulan mulai 28 April hingga 26 Mei 2012. Program unggulan yang ditawarkan berupa Layar Tanjleb keliling desa di wilayah Banyumas Raya (Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Banyumas).

Sebagaimana dikatakan Direktur FFP, Bowo Leksono, dalam rilis resmi yang diterima Suara Merdeka, Senin (30/1), Program Layar Tanjleb merupakan pemutaran film dengan media layar tancap di suatu area yang mengundang publik luas untuk berpartisipasi. “Materi film yang hendak diputar adalah kompilasi film pendek dan film panjang atau film bioskop,” katanya.

Kampanye film pendek pada masyarakat, terutama yang berada di pelosok, menurut Bowo, cukup efektif melalui pergelaran layar tanjleb. “Kenyataan ini memantapkan kami, di festival tahun ini rangkaian road show kembali digelar. Keterlibatan masyarakat dari kalangan pemuda di mana layar dibentangkan menjadi penting mengantarkan tontonan alternatif ini,” tuturnya.

Program Kompetisi masih menjadi program utama dalam menggairahkan dan memajukan para pembuat film pendek pelajar se-Banyumas Raya dengan kategori fiksi dan dokumenter. Tahun ini diperluas tidak hanya bagi pelajar setingkat SMA tapi juga SMP.

Pada Program Non-Kompetisi, festival yang memasuki tahun keenam ini menerima materi film pendek kategori umum dari berbagai penjuru Nusantara. Program ini akan mengkurasi film-film yang masuk dan juga mengundang film-film milik komunitas atau individu untuk turut menyemarakkan festival.

Ditambah beberapa program khusus di antaranya pentas seni, presentasi, diskusi, pameran yang merupakan satu rangkaian utuh FFP 2012.

Untuk informasi lengkap dan kebutuhan mengunduh formulir pendaftaran program kompetisi dan non-kompetisi dapat diakses melalui http://festivalfilmpurbalingga.blogspot.com.

FFP yang berdiri sejak 2007, adalah program festival tahunan Cinema Lovers Community (CLC) yang ditujukan untuk membangun kultur baru menonton film bagi masyarakat Purbalingga dan Banyumas Raya pada umumnya, serta sebagai ruang laboratorium pendidikan dengan film sebagai media penyampai.

Tags: , , , , , ,
Fatal error: Call to undefined function stt_terms_list() in /home/kotaacom/public_html/wp-content/themes/purbalingga/single-default.php on line 42